Perangin-angin, Eli Seteviani Br. (2024) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENDUKUNG KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI ORGANOGENESIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4193341008_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193341008_Cover.pdf
Download (76kB)
![[thumbnail of 4193341008_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193341008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (179kB)
![[thumbnail of 4193341008_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193341008_Abstrak.pdf
Download (115kB)
![[thumbnail of 4193341008_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193341008_Kata_Pengantar.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 4193341008_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193341008_Daftar_Isi.pdf
Download (108kB)
![[thumbnail of 4193341008_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193341008_BAB_I.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 4193341008_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193341008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (135kB)
![[thumbnail of 4193341008_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193341008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (271kB)
![[thumbnail of 4193341008_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193341008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (747kB)
![[thumbnail of 4193341008_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193341008_BAB_V.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of 4193341008_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193341008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (135kB)
![[thumbnail of 4193341008_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193341008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis project based learning (PjBL) yang efektif dalam mendukung keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah dan hasil belajar mahasiswa pada materi organogenesis, dan mengetahui keefektifan modul yang dikembangkan berdasarkan hasil pre-test post-test mahasiswa, validasi oleh tiga validator (ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli desain) serta respon mahasiswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul dikategorikan “sangat layak” baik ahli materi (87,5%), aspek pembelajaran (96,42%), serta aspek desain (90,47%). Respon mahasiswa terhadap modul yang dikembangkan juga dikategorikan “sangat baik” yakni 88,89%. Setelah implementasi modul, hasil uji-t independent menunjukkan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil keterampilan berpikir kritis (t hitung = 7,718; p = 0,000; df = 48) pemecahan masalah (t hitung = 7,466; p = 0,000; df = 48) dan hasil belajar mahasiswa (t hitung = 7,934; p = 0,000; df = 48) antara hasil post-test kelas kontrol dan eksperimen. Dengan demikian, modul berbasis proyek efektif dalam mendukung hasil belajar mahasiswa siswa, berpikir kritis, dan kemampuan pemecahan masalah pada materi organogenesis mata kuliah Pengembangan Hewan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 571.833 Per p |
Keywords: | Berpikir kritis; Project based learning; Modul; Pemecahan masalah; Organogenesis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction Q Science > QL Zoology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 06:34 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 06:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64830 |