PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENDUKUNG KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI ORGANOGENESIS

Perangin-angin, Eli Seteviani Br. (2024) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENDUKUNG KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI ORGANOGENESIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193341008_Cover.pdf] Text
4193341008_Cover.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 4193341008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193341008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4193341008_Abstrak.pdf] Text
4193341008_Abstrak.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 4193341008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193341008_Kata_Pengantar.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 4193341008_Daftar_Isi.pdf] Text
4193341008_Daftar_Isi.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 4193341008_BAB_I.pdf] Text
4193341008_BAB_I.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 4193341008_BAB_II.pdf] Text
4193341008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[thumbnail of 4193341008_BAB_III.pdf] Text
4193341008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[thumbnail of 4193341008_BAB_IV.pdf] Text
4193341008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[thumbnail of 4193341008_BAB_V.pdf] Text
4193341008_BAB_V.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 4193341008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193341008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 4193341008_Lampiran.pdf] Text
4193341008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis project based learning (PjBL) yang efektif dalam mendukung keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah dan hasil belajar mahasiswa pada materi organogenesis, dan mengetahui keefektifan modul yang dikembangkan berdasarkan hasil pre-test post-test mahasiswa, validasi oleh tiga validator (ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli desain) serta respon mahasiswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul dikategorikan “sangat layak” baik ahli materi (87,5%), aspek pembelajaran (96,42%), serta aspek desain (90,47%). Respon mahasiswa terhadap modul yang dikembangkan juga dikategorikan “sangat baik” yakni 88,89%. Setelah implementasi modul, hasil uji-t independent menunjukkan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil keterampilan berpikir kritis (t hitung = 7,718; p = 0,000; df = 48) pemecahan masalah (t hitung = 7,466; p = 0,000; df = 48) dan hasil belajar mahasiswa (t hitung = 7,934; p = 0,000; df = 48) antara hasil post-test kelas kontrol dan eksperimen. Dengan demikian, modul berbasis proyek efektif dalam mendukung hasil belajar mahasiswa siswa, berpikir kritis, dan kemampuan pemecahan masalah pada materi organogenesis mata kuliah Pengembangan Hewan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 571.833 Per p
Keywords: Berpikir kritis; Project based learning; Modul; Pemecahan masalah; Organogenesis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Aug 2025 06:34
Last Modified: 05 Aug 2025 06:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64830

Actions (login required)

View Item
View Item