IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DENGAN SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI FOTOSINTESIS DI KELAS XI FASE F 3 SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Aulia, Dinda (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DENGAN SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI FOTOSINTESIS DI KELAS XI FASE F 3 SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203141014_Cover.pdf] Text
4203141014_Cover.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 4203141014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203141014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4203141014_Abstrak.pdf] Text
4203141014_Abstrak.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 4203141014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203141014_Kata_Pengantar.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 4203141014_Daftar_Isi.pdf] Text
4203141014_Daftar_Isi.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 4203141014_BAB_I.pdf] Text
4203141014_BAB_I.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of 4203141014_BAB_II.pdf] Text
4203141014_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[thumbnail of 4203141014_BAB_III.pdf] Text
4203141014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[thumbnail of 4203141014_BAB_IV.pdf] Text
4203141014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[thumbnail of 4203141014_BAB_V.pdf] Text
4203141014_BAB_V.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 4203141014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203141014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 4203141014_Lampiran.pdf] Text
4203141014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan implementasi kurikulum merdeka dengan scientific approach selama pembelajaran biologi, serta mengetahui hambatan penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran biologi di kelas XI Fase F 3 SMA Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dalam bentuk metode survei. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi guru, angket
siswa, dan wawancara guru. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterlaksanaan implementasi kurikulum merdeka dengan scientific approach dalam kegiatan pembelajaran biologi secara keseluruhan sebesar 94,1% dengan kategori terlaksana amat baik. Sedangkan pelaksanaan inti scientific approach dalam materi fotosintesis adalah sebesar 80,5% dengan kategori terlaksana baik, meliputi tahapan mengamati, tahapan menanya, tahapan mengumpulkan informasi, tahapan mengasosiasi, dan tahapan mengkomunikasikan sebesar 83,8%, 71,8%, 85,3%, 74,5%, 87,2%. Tahapan pembelajaran scientific approach yang dominan memiliki kendala atau masalah yaitu tahapan menanya, tahapan mengasosiasi, dan tahapan mengkomunikasikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 572.46 Aul i
Keywords: Kurikulum merdeka belajar; Scientific approach; Fotosintesis; Pembelajaran biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QK Botany > QK710 Plant physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Aug 2025 05:25
Last Modified: 05 Aug 2025 05:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64827

Actions (login required)

View Item
View Item