Aulia, Dinda (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DENGAN SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI FOTOSINTESIS DI KELAS XI FASE F 3 SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203141014_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141014_Cover.pdf
Download (202kB)
![[thumbnail of 4203141014_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (141kB)
![[thumbnail of 4203141014_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141014_Abstrak.pdf
Download (221kB)
![[thumbnail of 4203141014_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141014_Kata_Pengantar.pdf
Download (268kB)
![[thumbnail of 4203141014_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141014_Daftar_Isi.pdf
Download (419kB)
![[thumbnail of 4203141014_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141014_BAB_I.pdf
Download (462kB)
![[thumbnail of 4203141014_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141014_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (813kB)
![[thumbnail of 4203141014_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (613kB)
![[thumbnail of 4203141014_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (430kB)
![[thumbnail of 4203141014_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141014_BAB_V.pdf
Download (398kB)
![[thumbnail of 4203141014_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (454kB)
![[thumbnail of 4203141014_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan implementasi kurikulum merdeka dengan scientific approach selama pembelajaran biologi, serta mengetahui hambatan penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran biologi di kelas XI Fase F 3 SMA Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dalam bentuk metode survei. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi guru, angket
siswa, dan wawancara guru. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterlaksanaan implementasi kurikulum merdeka dengan scientific approach dalam kegiatan pembelajaran biologi secara keseluruhan sebesar 94,1% dengan kategori terlaksana amat baik. Sedangkan pelaksanaan inti scientific approach dalam materi fotosintesis adalah sebesar 80,5% dengan kategori terlaksana baik, meliputi tahapan mengamati, tahapan menanya, tahapan mengumpulkan informasi, tahapan mengasosiasi, dan tahapan mengkomunikasikan sebesar 83,8%, 71,8%, 85,3%, 74,5%, 87,2%. Tahapan pembelajaran scientific approach yang dominan memiliki kendala atau masalah yaitu tahapan menanya, tahapan mengasosiasi, dan tahapan mengkomunikasikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 572.46 Aul i |
Keywords: | Kurikulum merdeka belajar; Scientific approach; Fotosintesis; Pembelajaran biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QK Botany > QK710 Plant physiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 05:25 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 05:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64827 |