Dongoran, Kifli (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SDN 104203 BANDAR KHALIPAH T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071211920651 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
071211920651 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (780kB) | Preview
071211920651 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
071211920651 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
071211920651 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
071211920651 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071211920651 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071211920651 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071211920651 BAB I.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
071211920651 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
071211920651 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Minat belajar merupakan sesuatu yang sangat penting bagi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Namun kenyataannya disekolah khususnya siswa Kelas IV SDN 104203 Bandar Khalipah masih banyak siswa yang kurang memiliki minat belajar khususnya pada mata pelajaran IPS.Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat Meningkatan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran PKn Di Kelas IV SDN 104203 Bandar Khalipah T.A. 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa IV SDN 104203 Bandar Khalipah yang berjumlah 34 orang. Pengumpulan data yang peneliti lakukan yaitu dengan teknik observasi, penggunaan lembar catatan lapangan dan wawancara dengan siswa kelas IV. Analisa data dilakukan dengan cara teknik analisis persentase dan deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran akan lebih meningkatkan minat belajar siswa jika menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I. Berdasarkan hasil penelitian setelah diberikan tindakan siklus I dari 34 orang siswa terdapat sebanyak 17 orang siswa (50%) yang memiliki minat belajar dengan kategori rendah (Tidak Berminat), sebanyak 12 orang siswa (35.2%) yang memiliki minat belajar kategori sedang (Berminat), dan sebanyak 5 orang siswa (14,5%) yang memiliki minat belajar kategori tinggi (Sangat Berminat). Kemudian setelah pemberian tindakan pada siklus II diperoleh dari 34 orang siswa terdapat 1 orang siswa yang memiliki minat belajar kategori rendah (2.9%), siswa yang memiliki minat belajar kategori sedang (Cukup Berminat), dan sebanyak 10 orang siswa (29.4%), yang memiliki minat belajar kategori tinggi (Berminat) sebanyak 23 atau (67.4%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Don p |
Keywords: | Kooperatif tipe STAD; Minat Belajar; PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6482 |