PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DI KELAS VIII SMP SWASTA BUDI SETIA

Saragi, Christy Evelyn Belva (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DI KELAS VIII SMP SWASTA BUDI SETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111060_Cover.pdf] Text
2203111060_Cover.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 2203111060_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111060_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111060_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111060_Kata_Pengantar.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 2203111060_Abstrak.pdf] Text
2203111060_Abstrak.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 2203111060_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111060_Daftar_Isi.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 2203111060_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203111060_Daftar_Tabel.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 2203111060_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203111060_Daftar_Lampiran.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 2203111060_BAB_I.pdf] Text
2203111060_BAB_I.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 2203111060_BAB_II.pdf] Text
2203111060_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[thumbnail of 2203111060_BAB_III.pdf] Text
2203111060_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[thumbnail of 2203111060_BAB_IV.pdf] Text
2203111060_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[thumbnail of 2203111060_BAB_V.pdf] Text
2203111060_BAB_V.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 2203111060_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111060_Daftar_Pustaka.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 2203111060_Lampiran.pdf] Text
2203111060_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah: mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Setia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII
sebanyak 95 orang. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen, Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tipe post-test control group design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.
Instrumen yang digunakan adalah tes essai. Hasil penelitian 1) rata-rata kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII-B (kelas kontrol) SMP Swasta Budi Setia dengan menggunakan model discovery learning sebanyak 46,48 dari 32 siswa. 2) kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII-A (kelas eksperimen) SMP Swasta Budi Setia dengan menggunakan model pembelajaran CORE sebanyak 87 dari 31 siswa. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai kemampuan siswa dalam menulis teks berita kelas ekperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh t hitung to = 8,1 setelah diuji signifikansinya pada taraf signifikan 5% dengan df = (N1+N2)-2 = (32+31)-2= 61. Pada taraf t dengan df = 50 diperoleh taraf signifikansinya 2,056. Karena to yang diperoleh lebih besar daripada t tabel yaitu 8,1> 1,67, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran CORE, Menulis, Teks Berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Aug 2025 04:07
Last Modified: 05 Aug 2025 04:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64819

Actions (login required)

View Item
View Item