Rahmadina, Suci (2023) Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Rias Wajah Sehari-hari Siswa Kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 5183344009 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 5183344009 COVER.pdf
Download (291kB)
![[thumbnail of 2. NIM 5183344009 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 5183344009 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 3. NIM 5183344009 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 5183344009 ABSTRACT.pdf
Download (759kB)
![[thumbnail of 4. NIM 5183344009 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 5183344009 PREFACE.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 5. NIM 5183344009 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 5183344009 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (757kB)
![[thumbnail of 6. NIM 5183344009 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 5183344009 TABLES.pdf
Download (483kB)
![[thumbnail of 7. NIM 5183344009 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 5183344009 ILLUSTRATION.pdf
Download (758kB)
![[thumbnail of 8. NIM 5183344009 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 5183344009 CHAPTER I.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 9. NIM 5183344009 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 5183344009 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
![[thumbnail of 10. NIM 5183344009 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 5183344009 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 11. NIM 5183344009 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 5183344009 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 12. NIM 5183344009 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 5183344009 CHAPTER V.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 13. NIM 5183344009 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 5183344009 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 14. NIM 5183344009 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 5183344009 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (38MB)
Abstract
Penelitian ini terdapat permasalahan pembelajaran dimana siswa belum sepenuhnya terlibat aktif dalam proses pembelajaran rias wajah sehari-hari, siswa belum mengenal jenis-jenis kosmetik, alat dan bahan yang digunakan serta prosedur dalam rias wajah sehari-hari. Penelitian ini memiliki tujuan untuk : (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kompetensi rias wajah sehari-hari siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada kompetensi rias wajah sehari-hari siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan hasil belajar pada kompetensi rias wajah sehari-hari siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan T.A 2022-2023. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X tata kecantikan SMK Negeri 8 Medan. Sampel penelitian ini sebanyak 72 siswa yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Metode pemilihan sampel penelitian dengan cara random sampling. Proses pengumpulan data menggunakan instrument tes multiple choice, yaitu pengumpulan data menggunakan tes awal (Pre test) dan tes akhir (Post test). Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliofors. setelah itu dilakukan uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata post test hasil belajar siswa mata pelajaran rias wajah sehari-hari pada kelas eksperimen yaitu 85,13 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 60,38. Hasil uji-t satu arah kanan juga menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel = 14,36 > 2,00. Maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar rias wajah sehari-hari siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Student facilitator and Explaining; Rias Wajah Sehari-hari |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT495 Human body and its parts. Personal beauty T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 09:03 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 09:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64797 |