Nasution, Belladina (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN SAMBIL BELAJAR (PERMAINAN MONOPOLI) PADA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN HEWAN DI KELAS IV SDN 101765 BANDAR SETIA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313041 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
108313041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
108313041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
108313041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
108313041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
108313041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
108313041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
108313041dAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
108313041 BAB I.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
108313041 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
108313041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Sebelum melakukan penelitian, peneliti melakukan observasi di kelas IV SDN No. 101765 Bandar Setia terhadap 10 orang siswa sebagai sampel. Dari observasi tersebut diperoleh hasil bahwa 80 % siswa tidak mempunyai motivasi belajar, 60 % siswa tidak dapat menjawab pertanyaan/soal dengan benar, 80 % siswa tidak paham dengan materi yang disampaikan, 30 % siswa tidak aktif dalam proses belajar mengajar, 50 % siswa tidak mengerti pertanyaan yang diajukan. Dengan demikian, masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa di kelas IV SDN No. 101765 Bandar Setia.Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah dengan menggunakan metode bermain sambil belajar (permainan monopoli) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan penggolongan hewan mata pelajaran IPA di kelas IV SDN No. 101765 Bandar Setia Tahun Ajaran 2011/2012. Pembatasan masalah pada penelitian ini adalah: Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode bermain sambil belajar (permainan monopoli) pada pokok bahasan penggolongan hewan mata pelajaran IPA di kelas IV SDN No. 101765 Bandar Setia Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode bermain sambil belajar (permainan monopoli) pada pokok bahasan penggolongan hewan mata pelajaran IPA di kelas IV SDN No. 101765 Bandar Setia dan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran.Hipotesis dalam penelitian ini adalah: Dengan menggunakan metode bermain sambil belajar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan penggolongan hewan mata pelajaran IPA di kelas IV SDN No. 101765 Bandar Setia tahun ajaran 2011/2012.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal, nilai rata-rata motivasi belajar siswa adalah 51,52. Pada siklus I nilai rata-rata motivasi belajar siswa naik yaitu 61,48, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata motivasi belajar siswa naik menjadi 79,4. secara klasikal, jumlah siswa yang meningkat motivasi belajarnya pada kondisi awal adalah 2 orang siswa (8 %), pada siklus I naik menjadi 5 orang siswa (20 %), sedangkan pada siklus II menningkat menjadi 22 orang siswa (88 %).Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain sambil belajar (permainan monopoli) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan penggolongan hewan di kelas IV SDN No. 101765 Bandar Setia tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Nas m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Metode Bermain Sambil Belajar; SAINS |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6479 |