Verawati, Yuliani (2012) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 102057 DOLOK MASIHUL TA. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313408 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313408 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
108313408 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313408 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313408 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313408 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313408 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313408 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313408 BAB I.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
108313408 BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
108313408 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa khususnya pada materi perubahan lingkungan. Sebagai Alternatif tindakan yang dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme di kelas IV SD Negeri 102057 Dolok Masihul TA 2011/2012.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Pokok Bahasan Perubahan Lingkungan Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahap yaitu dan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dan 1 siklus 2 kali pertemuan. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan hasil observasi dan angket yang dilakukan pada saat awal tindakan, Siklus I, Siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 35 orang siswa.Berdasarkan analisis data pada Pada siklus I dan II dari 32 indikator motivasi belajar siswa terdapat sebanyak 30 indikator (93,75%) dengan kategori rendah dan terdapat sebanyak 2 indikator (6,25%) dengan kategori tinggi. Berdasarkan grafik diatas maka dapat dijelaskan 32 indikator motivasi belajar siswa sebanyak 10 orang siswa (31,25%) dengan kategori rendah, sebanyak 3 orang siswa (71,86%) dengan kategori sedang dan sebanyak 2 orang siswa (6,25%) dengan kategori sangat tinggi. Pada siklus II pertemuan 1 dan 2 maka dapat dijelaskan 32 indikator motivasi belajar siswa sebanyak 1 orang siswa (3,125%) dengan kategori rendah, sebanyak 7 orang siswa (21,88%) dengan kategori sedang dan sebanyak 24 orang siswa (75%) dengan kategori sangat tinggi. Pada pertemuan 2 sebanyak 1 orang siswa (3,125%) dengan kategori rendah, sebanyak 7 orang siswa (21,88%) dengan kategori sedang dan sebanyak 24 orang siswa (75%) dengan kategori sangat tinggi.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pokok bahasan perubahan lingkungan di Kelas IV. Oleh karenanya alternatif yang dapat digunakan guru dalam memotivasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme dengan prinsip-prinsip pelaksanaanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ver p |
Keywords: | Pembelajaran Konstruktivisme; Motivasi Belajar; Pelajaran IPA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6474 |