Siska, Bravita (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 101768 TEMBUNG TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313044 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
108313044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
108313044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313044 BAB I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
108313044 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
108313044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswakhususnya pada materi masalah-masalah sosial di lingkungan setempat. SebagaiAlternatif tindakan yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode diskusi.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswadengan menggunakan metode diskusi pada materi masalah-masalah sosial dilingkungan setempat.Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklusdan 4 tahap yaitu dan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dan 1 siklus 2kali pertemuan. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkanhasil observasi sebelum dilakukan tindakan, Siklus I, Siklus II. Subjek dalam penelitianini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 30 orang siswa.Berdasarkan analisis data sebelum dilakukan tindakan ditemukan dari 30 orangsiswa tidak ditemukan siswa yang memiliki motivasi sangat rendah (0%), sebanyak 16orang siswa (53,54%) dengan motivasi belajar rendah, sebanyak 13 orang siswa(43,33%) dengan motivasi belajar tinggi dan sebanyak 1 orang siswa (3,33%) denganmotivasi sangat tinggi. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa sebelumdilakukan tindakan motivasi belajar siswa tergolong rendah dengan rata-rata 59,9. Padasiklus I tidak ditemukan siswa yang memiliki motivasi sangat rendah (0%), sebanyak 6orang siswa (20%), sebanyak 18 orang siswa (60%) dengan motivasi belajar yangtinggi, sebanyak 6 orang siswa (20%) dengan motivasi belajar tinggi dengan rata-rata68,1. Pada siklus II yang memiliki motivasi sangat rendah (0%), tidak ditemukan siswayang memiliki motivasi belajar rendah (0%), terdapat 20 orang siswa (66,67%), siswayang memiliki motivasi belajar tinggi dan sebanyak 20 orang siswa (33,33%) denganmotivasi belajar yang sangat dengan rata-rata 81,00.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajarsiswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode diskusi pada materi masalahmasalahsosial di lingkungan setempat kelas IV SD Negeri 101768 Tembung TahunAjaran 2011/2012. Oleh karenanya disarakan kepada guru hendaknya menggunakanmetode diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPSKhususnya pada materi pokok masalah-masalah social
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sis u |
Keywords: | Motivasi Belajar; Metode Diskusi;Pelajaran IPS |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6470 |