Muthia, Chiska (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 020266 BINJAI UTARA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313047 COVER.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
108313047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (671kB) | Preview
108313047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
108313047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313047 BAB V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
108313047 BAB I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
108313047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 020266 Binjai Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 020266 Binjai Utara.Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah “Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 020266 Binjai Utara T.A 2011/2012”.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 020266 Binjai Utara, dengan jenis penelitian yaitu “Penelitian Tindakan Kelas”. Subjek dalam penelitan ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 31 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran artikulasi. Dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan lembar observasi, dimana kegiatan dilakukan pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berlangsung.Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini peneliti melakukan observasi. Dengan perolehan nilai observasi yang dilakukan guru di siklus I 71,88 dan meningkat pada siklus II menjadi 93,75. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis dengan guru kelas V di SD Negeri 020266 Binjai yang dilakukan terhadap 31 orang siswa terdapat 24 orang siswa (77,42%) yang mendapat hasil belajar rendah (belum tuntas) dan sebanyak 7 orang siswa (22,58%) yang termasuk dalam kategori (tuntas) dan nilai rata-rata yang diperoleh 44,52. Kemudian pada siklus I terdapat 17 orang siswa (54,84%) yang termasuk kategori (tuntas) dan sebanyak 14 orang siswa (45,16%) termasuk dalam kategori rendah (belum tuntas) dan nilai rata-rata yang diperoleh 68,06 . Pada siklus II terdapat 29 orang siswa (93,55%) termasuk dalam kategori tuntas, dan sebanyak 2 orang siswa (6,45%) termasuk dalam kategori rendah (belum tuntas) dan nilai rata-rata diperoleh 81,29. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil tes siklus I dan sikulus II terjadi peningkatan yang signifikan. Dari hasil temuan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran artikulasi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 020266 Binjai Utara T.A 2011/2012 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Mut u |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Artikulasi; Pelajaran IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 06:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6466 |