Rajagukguk, Dodi Apliandi (2012) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTASRI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101768 TEMBUNG T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313052 COVER.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
108313052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (599kB) | Preview
108313052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
108313052 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
108313052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
108313052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
108313052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
108313052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
108313052 BAB I.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
108313052 BAB V.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
108313052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya Minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Minat belajar siswa pada pelajaran IPA.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek didalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negri 101768 Tembung yang terdiri dari laki-laki 18 orang dan perempuan 19 orang penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ialah menggunakan lembar observasi dengan instrumen lembar observasi,lembar angket, dan DeskriptifHasil penelitian pada saat tes awal (Prasiklus)menunjukkan siswa masih kurang Berminat dalm dalam pembelajaran IPA, terlihat darir rata-rata kelas yaitu diperoleh nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 54,1%, dengan jumlah siswa 2 orang Berminat, 8 orang siswa Cukup Berminat, dan 20 siswa tidak berminat,dan meningkat menjadi 57.56%, dengan jumlah 5 orang siswa berminat, 7 orang siswa Cukup Berminat dan 22 orang siswa Tidak Berminat pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 69,40,dengan jumlah siswa 14 orang siswa Berminat, 4 orang Cukup Berminat, dan 8 Tidak Berminat, pada saat di siklus II. Sebelum diberikan tindakan, pengetahuan awal tingkat ketuntasan yang dicapai siswa secara klasikal adalah sebesar 16,22% (belum tuntas), setelah dilakukan tindakan pada pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 55,% yang diperoleh dari ketuntasan angket. Selanjutnya, dari hasil tes pada siklus II sebagai bentuk perbaikan dari siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 72,9% yang berarti telah mencapai keberhasilan atau dengan kata lain setelah siklus II siswa secara klasikal sudah mencapai ketuntasan belajar.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan Minat dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101768 Tembung T.A 2011/2012. Pada materi Bunyi didalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) disarankan kepada guru gunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan minat belajar sisw
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Raj m |
Keywords: | Minat Belajar Siswa; Metode Demonstrasi; Pelajaran IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6463 |