Rukmana, Siti Rubaiyah (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENGUATAN POSITIF PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI NO 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313331 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313331 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (695kB) | Preview
108313331 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313331 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313331 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108313331 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313331 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313331 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313331 BAB I.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
108313331 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
108313331 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan Pemberian Penguatan Positif dalam mengajarkan IPS kelas IV SDN 101767 Tembung T.A 2011/2012. Tujuan Penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPS kelas IV SDN No. 101767 Tembung khususnya tentang masalah-masalah sosial. Subjek penelitian adalah siswa SDN No. 101767 Tembung yang berjumlah 38 orang.Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi pada setiap pem-belajaran penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dilaksa-nakan dalam dua kali pertemuan. Pemilihan metode yang digunakan sangatlah penting karena dalam pengelolaan pengajaran menggunakan pemberian penguatan positif sangat berpengaruh pada motivasi belajar, seperti halnya pada pembelajaran IPS yang diajarkan pada siswa kelas IV mengenai masalah-masalah sosial akan lebih mudah apabila disampaikan dengan menggunakan pemberian penguatan positif karena dengan pemberian penguatan positif siswa lebih semangat belajar, lebih aktif, dan interaksi dalam belajar sangat tampak.Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan pemberian penguatan positif bahwa pada kondisi awal masih tergolong rendah, dari 38 siswa hanya ada 4 orang siswa ( 11% ) yang tergolong memiliki motivasi belajar tinggi, dan 4 orang siswa ( 11% ) yang tergolong memiliki motivasi belajar sedang, sedangkan 30 orang siswa ( 79% ) tergolong memiliki motivasi belajar rendah. Pada siklus I dapat dilihat bahwa ada 13 orang siswa ( 34% ) yang tergolong memiliki motivasi belajar tinggi, dan ada 4 orang siswa ( 11% ) yang tergolong memiliki motivasi belajar sedang, dan ada 9 orang siswa ( 24% ) yang tergolong motivasi belajar rendah. Dan pada siklus II tidak terdapat lagi siswa yang tergolong memiliki motivasi belajar rendah, dan terdapat 34 orang siswa ( 89% ) yang tergolong memiliki motivasi belajar tinggi, serta terdapat 4 orang siswa ( 11 % ) yang tergolong memiliki motivasi belajar sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan penguatan positif pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung.Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan pemberian penguatan positif pada pem-belajaran IPS dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa , khu-susnya tentang masalah-masalah sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ruk m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Penguatan Positif; Pembelajaran IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6457 |