Yusrizal (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGUNAKAN PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA PELAJARAN SAINS KELAS V SD NEGERI 105268 TELAGA SARI TAHUN AJARAN 2011 / 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311080 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
1104311080 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
1104311080 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1104311080 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1104311080 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
1104311080 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
1104311080 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
1104311080 BAB I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
1104311080 BAB V.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
1104311080 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metodeeksperimen dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar sains khususnya pokokbahasan benda tenggelam dan terapung Untuk memperoleh data dilakukanobservasi yang dibantu dengan alat pengumpul data seperti lembar observasipenerapan metode eksperimen dan angket yang bertujuan untuk mengetahuiperubahan minat belajar siswa dalam mempelajari sains khususnya cahaya dansifat-sifatnya.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswadengan menggunakan penerapan metode ekperimen oleh kelas V SD Negeri105268 Telaga Sari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VSD Negeri 105268 Telaga Sari berjumlah 40 orang siswa.Subjek penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas ( PTK ).Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah tekhnik analisis persentase untukmengetahui peningkatan (perubahan ) motivasi belajar siswa.Data yang diperolehdari lembar observasi belajar siswa pada siklus 1 adalah sebanyak 26 siswa (65% ) motivasi belajar siswa sedang ,14 siswa (35%) motivasi belajar siswarendah.pada siklus II 32 siswa (80%) motivasi belajar siswa tinggi,8 siswa(20%) motivasi belajar siswa rendah .dari data angket motivasi bela jar padasiklus I sebanyak 24 siswa (60%) motivasi belajar siswa sedang 16 siswa (40%)motivasi belajar siswa rendah,pada siklus II 34 siswa (85%) motivasi belajarsiswa tinggi,6 siswa ( 15%) motivasi belajar siswa rendah.Data yang diperolehdari lembar observasi motivasi belajar pada siklus I (70,8%) motivasi belajarsiswa sedang,kemudian pada siklus II (87,5%) motivasi belajar siswa tinggiDataobservasi motivasi guru ,dengan menggunakan metode eksperimen pada siklus Idengan nilai 70,8 motivasi guru sedang ,dan pada siklus II dengan nilai87,5motivasi guru tinggi.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimenefektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan nilai 70,8 meningkatpada siklus II dengan 80,7 pada pengamatan observer.oleh karena itu disarankanagar guru melaksanakan metode eksperimen apabila dibutuhkan dalam pelajarantersebut untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Yus m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Metode Eksperimen; Pelajaran Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6452 |