Manalu, Siti Hara (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN KOMUNIKASI DI TEMPAT KERJA DI SMKS PAB 2 HELVETIA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 7203144032_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144032_Cover.pdf
Download (500kB)
![[thumbnail of 7203144032_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144032_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203144032_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144032_Abstrak.pdf
Download (824kB)
![[thumbnail of 7203144032_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144032_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203144032_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144032_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203144032_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144032_Daftar_Tabel.pdf
Download (558kB)
![[thumbnail of 7203144032_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144032_Daftar_Gambar.pdf
Download (453kB)
![[thumbnail of 7203144032_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144032_Daftar_Lampiran.pdf
Download (454kB)
![[thumbnail of 7203144032_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144032_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203144032_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144032_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 7203144032_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144032_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203144032_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144032_BAB_IV.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7203144032_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144032_BAB_V.pdf
Download (790kB)
![[thumbnail of 7203144032_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144032_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203144032_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144032_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (22MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Mind mapping dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI MPLB pada elemen komunikasi di tempat kerja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMKS PAB 2 Helvetia yang terdiri dari 2 kelas XI MPLB sebanyak 67 siswa dari total jumlah populasi 94 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, Tingkat
kesukaran tes dan uji pembeda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah mean, uji normalitas, uji homogenitas dan hipotesis. Hasil analisis data ditemukan nilai rata-rata pretest dan posttest dengan model pembelajaran Mind mapping
adalah 53,33 dan 83,48 dan hasil nilai rata-rata pretest dan posttest Problem Based Learning adalah 54,26 dan 80,74. Berdasarkan hasil uji hipotesis hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Mind mapping mengalami peningkatan 87,88% sedangkan kelas eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning mengalami peningkatan 75,94%. Untuk kelas ekeperimen 1 pada hasil uji t diperoleh hasil nilai thitung sebesar 14,648 dengan df 32.00 diperoleh t-tabel 1,693 maka thitung > t-tabel (14,648 > 1,693). Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang siginifikan setelah menggunakan model pembelajaran Mind mapping. Selanjutnya untuk kelas eksperimen 2 pada uji t diperoleh hasil nilai thitung sebesar 11,328 dan df 33 dengan pengambilan Keputusan lebih rendah dari 0,05 maka diperoleh t-tabel 1,692 maka thitung > t-tabel (11,328 > 1,692) sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Maka dapat disimpulkan hipotesis diterima yaitu terdapat pengaruh signifikan setelah menggunakan model pembelajaran mind mapping, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran, Mind mapping, Problem Based Learning, hasil belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 03:38 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64519 |