Lumban Tobing, Vanny Rosenni (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS VIII SMPN 5 PERCUT SEI TUAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2203111071_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111071_Cover.pdf
Download (43kB)
![[thumbnail of 2203111071_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111071_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (302kB)
![[thumbnail of 2203111071_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111071_Kata_Pengantar.pdf
Download (222kB)
![[thumbnail of 2203111071_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111071_Abstrak.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of 2203111071_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111071_Daftar_Isi.pdf
Download (108kB)
![[thumbnail of 2203111071_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111071_Daftar_Tabel.pdf
Download (77kB)
![[thumbnail of 2203111071_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111071_Daftar_Gambar.pdf
Download (76kB)
![[thumbnail of 2203111071_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111071_Daftar_Lampiran.pdf
Download (78kB)
![[thumbnail of 2203111071_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111071_BAB_I.pdf
Download (365kB)
![[thumbnail of 2203111071_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111071_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (584kB)
![[thumbnail of 2203111071_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111071_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (624kB)
![[thumbnail of 2203111071_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111071_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (705kB)
![[thumbnail of 2203111071_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111071_BAB_V.pdf
Download (104kB)
![[thumbnail of 2203111071_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111071_Daftar_Pustaka.pdf
Download (105kB)
![[thumbnail of 2203111071_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111071_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP N 5 Percut Sei Tuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri tanpa berbantuan macromedia flash 8 (2) Mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP N 5 Percut Sei Tuan dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri berbantuan macromedia flash 8 ;(3) Mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan macromedia flash 8 terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII
SMP N 5 Percut Sei Tuan Medan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan posttest only control design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII di SMP N 5 Percut Sei Tuan Medan. Sampel penelitian
terdiri dari siswa kelas VIII 1 dan VIII 2, yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data hasil penelitian dianalisis dengan metode statistik deskriptif dan inferensial, serta diuji menggunakan uji normalitas dan homogenitas sebagai prasyarat analisis statistik.Berdasarkan analisis data, diperoleh beberapa temuan,diantaranya: (1) Hasil perhitungan data deskriptif menunjukkan nilai rata-rata kelas yang menerapkan model pembelajaran inkuiri berbantuan macromedia flash 8 teks eksposisi adalah 81,6 serta standar deviasinya adalah 4,46982715982 dan nilai ratarata kelas yang menerapkan model pembelajaran inkuiri tanpa bantuan aplikasi macromedia flash 8 teks eksposisi adalah 55,72 serta standar deviasinya adalah 5,0648. (2) Hasil perhitungan uji normalitas chi kuadrat pada kelas yang diberi perlakuan didapatkan hasil X²hitung=-36, 61824, X²tabel = 7,814728 dengan taraf nyata α =0,05. Sehingga, diperoleh X²hitung< X²tabel atau -36,61824<7,814728,
artinya data menulis siswa yang diberi perlakuan berdistribusi normal. (3) Hasil perhitungan uji normalitas chi kuadrat pada kelas yang tidak diberi perlakuan
didapatkan hasil X²hitung=7,114 dan X²tabel= 9,487729 dengan taraf nyata α=0,05.Sehingga, diperoleh X²hitung<X²tabel atau 7,114<9,487729 artinya data menulis siswa kelas yang tidak diberi perlakuan adalah berdistribusi normal. (4) Hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh Fhitung<Ftabel yaitu 0,77883294619<1,816624902. Berarti varians pada kedua kelompok yang diambil sebagai sampel berasal dari populasi
yang homogen/sama. (5) Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung= 21,4537394324 dan ttabel=1,66980. Kriteria pengujian yaitu terima Ha dan tolak Ho jika t hitung>ttabel. Data penelitian ini memperoleh nilai thitung>ttabel yaitu 21,4537394324>1,66980 dengan demikian Ha diterima, artinya adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi
macromedia flash 8 terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP N 5 Percut Sei Tuan Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri, Macromedia Flash 8, Teks Eksposisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:55 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64506 |