PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TRUTH OR DARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK CERSA PASAMAN

Evandi, Rizka Fauzah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TRUTH OR DARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK CERSA PASAMAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7203144005_Cover.pdf] Text
7203144005_Cover.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of 7203144005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203144005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203144005_Abstrak.pdf] Text
7203144005_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203144005_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203144005_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203144005_Daftar_Isi.pdf] Text
7203144005_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203144005_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203144005_Daftar_Tabel.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 7203144005_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203144005_Daftar_Gambar.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 7203144005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203144005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of 7203144005_BAB_I.pdf] Text
7203144005_BAB_I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 7203144005_BAB_II.pdf] Text
7203144005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[thumbnail of 7203144005_BAB_III.pdf] Text
7203144005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 7203144005_BAB_IV.pdf] Text
7203144005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 7203144005_BAB_V.pdf] Text
7203144005_BAB_V.pdf

Download (960kB)
[thumbnail of 7203144005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203144005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203144005_Lampiran.pdf] Text
7203144005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Hasil belajar siswa yang rendah adalah bentuk masalah yang timbul dari proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) dengan menggunakan media truth or dare terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen daengan populasi seluruh siswa kelas X MP SMK Cersa Pasaman T.A. 2024/2025. Dengan menggunakan teknik total sampling maka seluruh populasi akan menjadi sampel dalam penelitian ini kelas X MP 1 sebagai kelas eksperimen yang akan diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran teams games tournamen (TGT) dengan menggunakan media truth or dare dan kelas X MP 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data atau instrumen penelitian yang digunakan adalah hasil belajar dari 20 soal pilihan ganda yang akan diberikan kepada siswa dalam bentuk pre-test dan post-test dimana sebelumnya soal akan diuji cobakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Teknik analisis data menggunakan penelitian ini menggunakan analisis inferensial uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari hasil analisis menunjukkan rata-rata pre-test kelas eksperimen 52,32 dan siswa di kelas kontrol 50,36 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 87,78 dan di kelas kontrol sebesar 74,64. Uji hipotesis hasil tes siswa mendapatkan tingkat sig (2-tailed) < a atau 0,00 < 0,05 artinya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) dengan menggunakan media truth or dare terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran, Teams Games Tournament (TGT), Media Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
S Agriculture > SK Hunting sports > SK341 Other game
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:26
Last Modified: 29 Jul 2025 02:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64503

Actions (login required)

View Item
View Item