Situmorang, Sri Rejeki (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BITEABLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP SWASTA JAMBI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
2202111006_Cover.pdf
Download (191kB)
2202111006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2202111006_Kata_Pengantar.pdf
Download (176kB)
2202111006_Abstrak.pdf
Download (149kB)
2202111006_Daftar_Isi.pdf
Download (116kB)
2202111006_Daftar_Tabel.pdf
Download (74kB)
2202111006_Daftar_Gambar.pdf
Download (60kB)
2202111006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (72kB)
2202111006_BAB_I.pdf
Download (380kB)
2202111006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2202111006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (587kB)
2202111006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (663kB)
2202111006_BAB_V.pdf
Download (120kB)
2202111006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (161kB)
2202111006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh system pembelajaran yang hannya terfokus kepada guru dan buku, dengan tidak adanya suara, gambar atau video yang menjadi pendukung dalam melakukan kegiatan menulis teks deskripsi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang terjadi sebelum dan sesudah menggunakan media Biteable terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII Standar Kompetensi yang ingin dicapai pada penelitian ini ialah pada kurikulum 2013 dengan KD 3.2 dan 4.2. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one grup design dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan pemberian pre-test dan post-test. Penelitian ini dilakukan berlokasi di SMP Swasta Jambi Medan dengan kelas VII-A sebagai kelas sampel yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian terlihat dari skor pre-test (sebelum adanya perlakuan) yaitu 57,2 dan skor post-test (sesudah adanya perlakuan) yaitu 80,4. Berdasarkan hasil perhitungan yang sudah dilakukan dengan uji t diperoleh nilai thitung = 5,51 setelah thitung diketahui selanjutnya nilai tersebut akan dikonsultasikan pada sebuah taraf signifikasi α = 0,05 dan n = 29, diperoleh ttabel =2,045. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu 5,51 > 2,045 maka hipotesis alternative (Hα) diterima.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pengaruh, media Biteable, kemampuan menulis, teks deskripsi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:54 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 01:54 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64496 |
