Br Pandia, Sita Gresela (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2203111045_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111045_Cover.pdf
Download (192kB)
![[thumbnail of 2203111045_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111045_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203111045_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111045_Kata_Pengantar.pdf
Download (188kB)
![[thumbnail of 2203111045_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111045_Abstrak.pdf
Download (133kB)
![[thumbnail of 2203111045_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111045_Daftar_Isi.pdf
Download (121kB)
![[thumbnail of 2203111045_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111045_Daftar_Tabel.pdf
Download (92kB)
![[thumbnail of 2203111045_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111045_Daftar_Gambar.pdf
Download (57kB)
![[thumbnail of 2203111045_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111045_Daftar_Lampiran.pdf
Download (80kB)
![[thumbnail of 2203111045_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111045_BAB_I.pdf
Download (382kB)
![[thumbnail of 2203111045_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111045_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (826kB)
![[thumbnail of 2203111045_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111045_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (661kB)
![[thumbnail of 2203111045_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111045_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203111045_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111045_BAB_V.pdf
Download (125kB)
![[thumbnail of 2203111045_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111045_Daftar_Pustaka.pdf
Download (163kB)
![[thumbnail of 2203111045_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111045_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kabanjahe dalam memproduksi teks eksplanasi menggunakan metode ceramah; 2) Kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kabanjahe dalam memproduksi teks eksplanasi menggunakan metode example non example ; 3)
Pengaruh metode example non example terhadap kemampuan memproduksi teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kabanjahe. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 349 orang. Sampel terdiri dari 66 orang yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 34 orang dan kelas eksperimen sebanyak 32 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen two group post-test only control design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes
berupa essay. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kabanjahe dalam memproduksi teks eksplanasi menggunakan metode ceramah termasuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata mencapai 776,61.Hal ini menunjukkan nilai rata-rata kemampuan siswa belum mencapai KKM yaitu 77; 2) Kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kabanjahe dalam memproduksi teks eksplanasi menggunakan metode example non example berbantuan media poster mengalami peningkatan dan termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata mencapai 89,37. Dengan demikian,dapat
dikatakan nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelas kontrol.Berdasarkan uji t diperoleh nilai taraf signifikan α = 0,05 dan n=64, diperoleh ttabel = 1,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel yaitu 3,97>1,66,sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dam hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode example non example berbantuan media poster terhadap kemampuan
memproduksi teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kabanjahe.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Example Non Example, Media Poster, Memproduksi,Teks Eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:54 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 00:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64485 |