Hasibuan, Nurfadillah (2024) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR APLIKASI PERANGKAT LUNAK KELAS X MPLB DI SMK NEGERI 7 MEDAN TA. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7203344022_Cover.pdf
Download (775kB)
7203344022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7203344022_Abstrak.pdf
Download (1MB)
7203344022_Kata_Pengantar.pdf
Download (2MB)
7203344022_Daftar_Isi.pdf
Download (2MB)
7203344022_Daftar_Tabel.pdf
Download (1MB)
7203344022_Daftar_Gambar.pdf
Download (747kB)
7203344022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (863kB)
7203344022_BAB_I.pdf
Download (5MB)
7203344022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
7203344022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
7203344022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
7203344022_BAB_V.pdf
Download (1MB)
7203344022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
7203344022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (34MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Penggunaan Internet Sebagai Media Belajar terhadap Hasil Belajar Aplikasi Perangkat Lunak Kelas X MPLB di SMK Negeri 7 Medan T.A 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 7 Medan yang bertempat di Jl. STM No. 12 E, Sitirejo II, Kec. Medan Amplas, Kota Medan Sumatera Utara 20217. Jenis penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MPLB di SMK Negeri 7 Medan, tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 213 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling mengambil sampel sebanyak 25 % dari jumlah populasi 213 siswa menjadi 53 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Metode analisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi meliputi analisis regresi linier berganda, uji hipotesis penelitian meliputi uji F dan uji t, dan koefisien determinasi meliputi analisis koefisien determinasi simultan (R2) dan analisis koefisien determinasi parsial (r2). Data yang telah dikumpulkan diolah menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dengan nilai t-hitung > t-tabel (2.642 > 2.000) dan signifikan (0.011> 0.05) antara penggunaan internet sebagai media belajar terhadap hasil belajar Aplikasi Perangkat Lunak, pengaruh positif dengan nilai t-hitung > t-tabel (2.436> 2.000) dan signifikan dengan nilai (0.018> 0.05) antara kreativitas belajar terhadap hasil belajar Aplikasi Perangkat Lunak, dan juga terdapat internet sebagai media belajar dan kreativitas belajar dengan nilai f-hitung > f-tabel (11.159>3.18) secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar Aplikasi Perangkat Lunak Kelas X MPLB di SMK Negeri 7 Medan T.A 2023/2024
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Penggunaan Internet Sebagai Media Belajar, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar Aplikasi Perangkat Lunak |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
| Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:48 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 08:48 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64484 |
