Nasution, Fenni Rosalini (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 116875 UJUNG BANDAR RANTAUPRAPAT T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313104 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
108313104 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
108313104 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
108313104 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
108313104 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
108313104 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313104 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313104 BAB I.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
108313104 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
108313104 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN, 2012..Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Materi Masalah Sosial. Jumlahsubjekdalampenelitianiniadalahsebanyak26siswa yang berasaldarikelas IVpadatahunajaran 2011/2012, untukmemperoleh data dalampenelitianinipenulismelakukanpenelitianpengumpulan data dengancara memberi test.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningakatkan hasil belajar siswa pada materi Masalah Sosial dan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan pembelajaran CTL Tipe Learning Community pada Mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswaJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakanModel Pembelajaran Ctl Tipe Learning Community. Penelitian dilakasankan di SD Negeri 116875 Ujung Bandar RantauPrapat, Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu. Waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan Mei sampai bulan Juni 2012. Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari 2 siklus, dan tiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sebelum melaksankan siklus I, Peneliti melakukan pretest. Dan hasil rata-rata siswa hanya mencapai 44,23. Siswa yang dinyatakan tuntas hanya 5 orang atau sebesar 19,23% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 21 orang dengan persentase ketidaktuntasan sebesar 80,79%. Kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hasil rata-rata siswa meningkat menjadi 65,23 dan siswa yang dinyatakan tuntas 14 orang atau sebesar 53,85% sedangkan jumlah siswa yang tidak tuntas menurun menjadi 12 orang dengan persentase ketidaktuntasan 46,15%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 83,46 dan jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 22 orang atau sebesar 84,62% sedangkan jumlah siswa yang tidak tuntas menurun menjadi 4 orang dengan persentase ketidaktuntasan menjadi 15,38%. Jadi dari kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata 44,23 menjadi 83,46 dan peningkatan ketuntasan belajar kelas dari 5 siswa yang tuntas atau sekitar 19,23% meningkat menjadi 22 siswa atau sekitar 84,62%. Dari hasil penelitian tindakan yang dilaksanakan melalui dua siklus. Diperoleh peningkatan yang memuaskan dan telah memenuhi kriteria indikator keberhasilan penelitian yakni jika rata-rata kelas mencapai 70 dan siswa sebanyak 75% dari populasi kelas, sehingga yang dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran CTL Tipe Learning Community dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Materi Masalah Sosial di kelas IV SD Negeri 116875 Ujung Bandar RantauPrapat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Nas m |
Keywords: | Pembelajaran CTL; Pelajaran IPS; hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6448 |