PENGARUH MODEL RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLANE, CREATE) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MEDAN

Putrimina, Mutiara Fauziah (2024) PENGARUH MODEL RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLANE, CREATE) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203311035_Cover.pdf] Text
2203311035_Cover.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 2203311035_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203311035_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203311035_Abstrak.pdf] Text
2203311035_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 2203311035_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203311035_Kata_Pengantar.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 2203311035_Daftar_Isi.pdf] Text
2203311035_Daftar_Isi.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 2203311035_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203311035_Daftar_Tabel.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 2203311035_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203311035_Daftar_Lampiran.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 2203311035_BAB_I.pdf] Text
2203311035_BAB_I.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 2203311035_BAB_II.pdf] Text
2203311035_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[thumbnail of 2203311035_BAB_III.pdf] Text
2203311035_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[thumbnail of 2203311035_BAB_IV.pdf] Text
2203311035_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203311035_BAB_V.pdf] Text
2203311035_BAB_V.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 2203311035_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203311035_Daftar_Pustaka.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 2203311035_Lampiran.pdf] Text
2203311035_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Keterampilan menulis karya ilmiah menggunakan model konvensional pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan; 2) Keterampilan menulis karya ilmiah menggunakan model RADEC (Read, Answer,
Discuss, Explane, Create) pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan; 3) Pengaruh model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explane, Create) terhadap keterampilan menulis karya ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan jumlah 427
siswa. Dari 427 siswa ditetapkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa pada kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain two group post-test only control design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan 1)
Keterampilan menulis karya ilmiah menggunakan model konvensional pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan termasuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata mencapai 62,26; 2) Keterampilan menulis karya ilmiah menggunakan
model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explane, Create) pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan termasuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata mencapai 81,86. Berdasarkan uji t diperoleh nilai taraf signifikan α = 0,05 dan n=30, diperoleh ttabel = 2,04. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel yaitu 6,51>2,04, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dam hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explane, Create) terhadap keterampilan menulis karya ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explane, Create); Menulis; Karya Ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:03
Last Modified: 28 Jul 2025 08:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64473

Actions (login required)

View Item
View Item