Rangkuti, Raisa Fadhila (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR BERBASIS VIDIO ANIMASI PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 03 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
2193311028_Cover.pdf
Download (197kB)
2193311028_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (543kB)
2193311028_Kata_Pengantar.pdf
Download (236kB)
2193311028_Abstrak.pdf
Download (213kB)
2193311028_Daftar_Isi.pdf
Download (186kB)
2193311028_Daftar_Tabel.pdf
Download (192kB)
2193311028_Daftar_Gambar.pdf
Download (192kB)
2193311028_Daftar_Lampiran.pdf
Download (156kB)
2193311028_BAB_I.pdf
Download (452kB)
2193311028_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (758kB)
2193311028_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (540kB)
2193311028_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2193311028_BAB_V.pdf
Download (184kB)
2193311028_Daftar_Pustaka.pdf
Download (224kB)
2193311028_Lampiran.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan proses pengembangan materi ajar teks Prosedur berbasis video animasi, (2) mendeskripsikan bentuk pengembangan materi ajar teks prosedur berbasis Vidio Animasi, dan (3)
mendeskripsikan kelayakan materi ajar teks berita berbasis Vidio Animasi. Pengembangan materi ajar teks prosedur berbasis Vidio Animasi menggunakan model Borg and Gall yang dimodifikasi Sugiyono, yaitu melalui tahap analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi dan tahap uji coba. Tahap validasi menyertakan dosen ahli materi dan dosen ahli media untuk mengevaluasi kelayakan materi dan kelayakan media. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 03 Medan menggunakan teknik Purpossive Sample. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan kuesioner. Instrumen penelitian berupa lembar angket validasi ahli materi dan ahli media menggunakan perhitungan skala Likert. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menunjukkan produk dari materi ajar teks prosedur berbasis vidio animasi mendapatkan hasil penelitian dengan kriteria “Sangat Baik” dengan rata-rata 90%, dengan hasil dari ahli materi sebesar 90% dengan kriteria “Sangat Baik” serta hasil dari ahli media sebesar 82% dengan kriteria “Sangat Baik” sehingga materi ajar layak digunakan sebagai bahan ajar pendukung dalam proses pembelajaran. Hasil ujicoba produk
mendapatkan penilaian dari guru sebesar 96% dengan kriteria “Sangat Baik” dan penilaian siswa sebesar 90% dengan kriteria”Sangat Baik”.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Bahan Ajar, Teks Prosedur, Vidio Animasi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 06:57 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 06:57 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64457 |
