EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA SWASTA ADVENT AIR BERSIH MEDAN T.P. 2023/2024

Tamba, Ance Meriana (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA SWASTA ADVENT AIR BERSIH MEDAN T.P. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203141038_Cover.pdf] Text
4203141038_Cover.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4203141038_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203141038_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 4203141038_Abstrak.pdf] Text
4203141038_Abstrak.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 4203141038_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203141038_Kata_Pengantar.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 4203141038_Daftar_Isi.pdf] Text
4203141038_Daftar_Isi.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 4203141038_BAB_I.pdf] Text
4203141038_BAB_I.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 4203141038_BAB_II.pdf] Text
4203141038_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[thumbnail of 4203141038_BAB_III.pdf] Text
4203141038_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[thumbnail of 4203141038_BAB_IV.pdf] Text
4203141038_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[thumbnail of 4203141038_BAB_V.pdf] Text
4203141038_BAB_V.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4203141038_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203141038_Daftar_Pustaka.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 4203141038_Lampiran.pdf] Text
4203141038_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian “Pra-Eksperimen” yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMA Swasta Advent Air Bersih Medan. Variabel bebas adalah model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar kognitif siswa. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-2 SMA Swasta Advent Air Bersih Medan yang berjumlah 26 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis N-gain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar pada posttest 84,80 dengan kategori tuntas. Perhitungan hasil belajar dengan menggunakan uji N-Gain diperoleh 0,69 dengan kategori tinggi dan tingkat persentase yang diperoleh 69,0% dengan kategori efektif. Ketercapaian indikator belajar siswa melebihi 75% dengan kategori tercapai. Jadi dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 578.7 Tam e
Keywords: Problem based learning; Keanekaragaman hayati; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Jul 2025 05:48
Last Modified: 28 Jul 2025 05:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64453

Actions (login required)

View Item
View Item