Yusridawati (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 101783 SAENTIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313416 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
108313416 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
108313416 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
108313416 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
108313416 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
108313416 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
108313416 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
108313416 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
108313416 BAB I.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
108313416 BAB V.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
108313416 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya hasil belajar IPS siswa pada materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi di kelas IV SD Negeri 101783 Saentis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) kelas IV SD Negeri 101783 Saentis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian sebanyak 35 orang siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 20 perempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda dengan 15 butir soal. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I dan siklus II. sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan pada saat dilakukan tes awal dari 35 orang siswa diperoleh 8 siswa yang mendapat nilai tuntas dengan persentase 22,86% dan 27 siswa mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 77,14%, selanjutnya pada siklus I meningkat menjadi 20 siswa yang mendapat nilai tuntas dengan persentase 57,14% dan 15 siswa mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 42,85%. Pada siklus II meningkat menjadi 30 siswa mendapat nilai tuntas dengan persentase 85,71% dan 5 siswa mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 14,28%. Jadi dapat dikatakan bahwa ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 28,57%. Dari hasil observasi, pada siklus I kegiatan guru dalam mengajar diperoleh nilai rata-rata 67,5 dan kegiatan siswa selama mengikuti pelajaran diperoleh nilai rata-rata 68,18. Sedangkan pada siklus II ternyata terjadi peningkatan dimana kegiatan guru dalam mengajar memperoleh nilai 91,73 dan kegiatan siswa selama mengikuti pelajaran memperoleh nilai 97,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sumber daya alam dan kegiatan ekomomi kelas IV SD Negeri 101783 Saentis”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Yus m |
Keywords: | Belajar; Pembelajaran;IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6444 |