PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN DI SMK NEGERI 6 MEDAN T.A 2024/2025

Hasibuan, Feby Cahaya (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN DI SMK NEGERI 6 MEDAN T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7203144031_Cover.pdf] Text
7203144031_Cover.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of 7203144031_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203144031_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203144031_Abstrak.pdf] Text
7203144031_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203144031_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203144031_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203144031_Daftar_Isi.pdf] Text
7203144031_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203144031_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203144031_Daftar_Tabel.pdf

Download (747kB)
[thumbnail of 7203144031_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203144031_Daftar_Gambar.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of 7203144031_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203144031_Daftar_Lampiran.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of 7203144031_BAB_I.pdf] Text
7203144031_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7203144031_BAB_II.pdf] Text
7203144031_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 7203144031_BAB_III.pdf] Text
7203144031_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7203144031_BAB_IV.pdf] Text
7203144031_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 7203144031_BAB_V.pdf] Text
7203144031_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203144031_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203144031_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203144031_Lampiran.pdf] Text
7203144031_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran role playing terhadap peningkatan kepercayaan diri dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ekperimen dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini menggunakan pre-test yang dilakukan sebelum diberi perlakuan dan post-test yang dilakukan setelah diberi perlakuan untuk memperoleh nilai pengetahuan yaitu hasil belajar. Penilaian praktik diperoleh dari hasil observasi terhadap peserta didik ketika melakukan tes praktik awal dan tes praktik akhir. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MPLB SMK Negeri 6 Medan T.A 2024/2025 sebanyak 68 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Nilai signifikansi sebesar 0.000 (0.000<0.005) dengan thitung = 2.209, sedangkan nilai ttabel pada df = n – k – 1 (68 - 1 - 1) = 66 sebesar 1.668 pada taraf signifikansi 5% (2.209 > 1.668) terhadap hasil observasi pada tes praktik awal dan tes praktik akhir menunjukkan bahwa model pembelajaran role playing berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Nilai signifikansi 0.000 (0.000>0.005) dengan thitung = 2.174, sedangkan nilai ttabel pada df = n – k – 1 (68 - 1 - 1) = 66 sebesar 1.668 pada taraf signifikansi 5% (2.174 > 1.668) hasil dari pre-test dan post-test menggunakan independent sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Role Playing, Kepercayaan Diri, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
H Social Sciences > HG Finance > HG4301 Trust services. Trust companies
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 25 Jul 2025 10:03
Last Modified: 25 Jul 2025 10:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64428

Actions (login required)

View Item
View Item