HUBUNGAN KECAKAPAN ABAD 21 DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MIA DI SMA NEGERI 5 MEDAN T.P 2023/2024

Anggraini, Aisyah (2024) HUBUNGAN KECAKAPAN ABAD 21 DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MIA DI SMA NEGERI 5 MEDAN T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203141039_Cover.pdf] Text
4203141039_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4203141039_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203141039_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 4203141039_Abstrak.pdf] Text
4203141039_Abstrak.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 4203141039_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203141039_Kata_Pengantar.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 4203141039_Daftar_Isi.pdf] Text
4203141039_Daftar_Isi.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 4203141039_BAB_I.pdf] Text
4203141039_BAB_I.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 4203141039_BAB_II.pdf] Text
4203141039_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[thumbnail of 4203141039_BAB_III.pdf] Text
4203141039_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[thumbnail of 4203141039_BAB_IV.pdf] Text
4203141039_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[thumbnail of 4203141039_BAB_V.pdf] Text
4203141039_BAB_V.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 4203141039_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203141039_Daftar_Pustaka.pdf

Download (837kB)
[thumbnail of 4203141039_Lampiran.pdf] Text
4203141039_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecakapan abad 21 dengan hasil belajar beserta kontribusinya melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2024 di SMA Negeri 5 Medan di Jalan Pelajar No.17, Kel. Teladan Timur, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 72 siswa yang dipilih secara Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa pretest dan postest untuk mengukur hasil belajar dan instrumen Non-test berupa lembar observasi untuk mengukur kecakapan abad 21. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk memberikan gambaran umum mengenai kecakapan abad 21 dan hasil belajar siswa. Korelasi Rank Spearman dan Uji Hipotesis digunakan untuk mengukur dan mengetahui hubungan antara kedua variabel, serta Uji Koefisien Determinasi untuk mengetahui besaran kontribusi kecakapan abad 21 terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kecakapan abad 21 siswa kelas X MIA di SMA Negeri 5 Medan memberikan dampak positif khususnya pada kecakapan komunikasi (70,82%), kecakapan kolaborasi (66,66%), kecakapan berpikir kritis (48,60%), serta kecakapan berpikir kreatif, meskipun persentasenya relatif kecil (15,26). Hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray juga menunjukkan peningkatan dengan nilai N-Gain 32,92% (Seda ng). Hasil analisis juga menunjukkan adanya hubungan cukup signifikan antara kedua variabel yakni dengan koefisien korelasi sebesar 0,317, serta model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray yang memberikan kontribusi positif (10,05%) terhadap hasil belajar. Temuan ini mengindikasikan bahwa kecakapan abad 21 dengan hasil belajar memiliki hubungan dan memberikan kontribusi, dan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray efektif dalam mendukung proses tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 577 Ang h
Keywords: Kecakapan abad 21; Hasil belajar; Two stay two stray; Pembelajaran kooperatif; Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Jul 2025 08:21
Last Modified: 25 Jul 2025 08:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64404

Actions (login required)

View Item
View Item