PENGEMBANGAN E-BOOKLET BERBASIS LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA

Sihotang, Ade Suseno (2024) PENGEMBANGAN E-BOOKLET BERBASIS LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203141017_Cover.pdf] Text
4203141017_Cover.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4203141017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203141017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 4203141017_Abstrak.pdf] Text
4203141017_Abstrak.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 4203141017_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203141017_Kata_Pengantar.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 4203141017_Daftar_Isi.pdf] Text
4203141017_Daftar_Isi.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 4203141017_BAB_I.pdf] Text
4203141017_BAB_I.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 4203141017_BAB_II.pdf] Text
4203141017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[thumbnail of 4203141017_BAB_III.pdf] Text
4203141017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[thumbnail of 4203141017_BAB_IV.pdf] Text
4203141017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4203141017_BAB_V.pdf] Text
4203141017_BAB_V.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 4203141017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203141017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 4203141017_Lampiran.pdf] Text
4203141017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-Booklet berbasis lingkungan sebagai media belajar siswa materi ekosistem. E-Booklet yang sudah dikembangkan diujicobakan di sekolah SMA Swasta Parulian 6 Balna pada bulan Mei-Juni 2024. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze, design, development, implement, dan evaluate. E-Booklet yang sudah dikembangkan diuji kelayakannya oleh ahli materi dan ahli media (masingmasing satu orang) serta diuji kemenarikan oleh dua orang guru biologi SMA Swasta Parulian 6 Balna. E-Booklet yang telah direvisi diimplentasikan di sekolah dengan sampel 35 siswa. Instrumen yang dipakai yaitu instrumen kelayakan penilai ahli materi dan media, lembar respon guru, lembar respon siswa dan soal tes untuk melihat keefektivan e-Booklet. Hasil dari penelitian ini menunjukkan e-Booklet yang dikembangkan memperoleh katergori “Sangat Layak” menurut ahli materi (81,66%) dan ahli media (93,1%), berdasarkan penilaian guru biologi dikategorikan “Sangat Menarik” (87,43%), respon siswa dikategorikan “Sangat Menarik” dimana dalam uji coba skala kecil (88.85%), sedangkan uji coba skala besar (97.07%). E-Booklet berbasis lingkungan sebagai media belajar siswa materi ekosistem dinyatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas X2 SMA Swasta Parulian 6 Balna dikategorikan sedang (N-gain = 0,65).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 577 Sih p
Keywords: E-Booklet; Lingkungan; Ekosistem; Hasil belajar; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:46
Last Modified: 25 Jul 2025 07:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64399

Actions (login required)

View Item
View Item