Hartini (2012) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE DAN REVIEW (PQ4R) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 014670 KISARAN TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313125 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
108313125 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
108313125 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313125 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313125 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313125 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313125 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313125 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313125 BAB I.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
108313125 BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
108313125 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 014670 Kisaran T.A 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bentuk-bentuk kesulitan yang dialami siswa dalam berbicara. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review (PQ4R) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia Masalah Faktual di kelas V SD Negeri 014670 Kisaran TA 2011/2012? Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review (PQ4R) pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia Masalah Faktual di kelas V SD Negeri 014670 Kisaran TA 2011/2012”. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 30 orang siswa. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi sebelum diberi tindakan, siklus I dan siklus II.Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa sebelum dilakukan tindakan dengan menggunakan metode metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review (PQ4R) pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia Masalah Faktual dengan nilai rata-rata 1,99. Pada siklus I nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi sebesar 3,14 tergolong kategori sedang. Pada siklus II keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 3,68 dengan kategori tinggi. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan metode PQ4R pada pelajaran Bahasa Indonesia materi Masalah Faktual di Kelas V SD Negeri 014670 Kisaran TA 2011/2012
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Har m |
Keywords: | Keterampilan Berbicara; Metode PQ4R; Bahasa Indonesia |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6433 |