PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 PANGURURAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Sihotang, Mitha Vederova (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 PANGURURAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7202441010_Cover.pdf] Text
7202441010_Cover.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 7202441010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7202441010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (893kB)
[thumbnail of 7202441010_Abstrak.pdf] Text
7202441010_Abstrak.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 7202441010_Kata_Pengantar.pdf] Text
7202441010_Kata_Pengantar.pdf

Download (593kB)
[thumbnail of 7202441010_Daftar_Isi.pdf] Text
7202441010_Daftar_Isi.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 7202441010_Daftar_Tabel.pdf] Text
7202441010_Daftar_Tabel.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 7202441010_Daftar_Gambar.pdf] Text
7202441010_Daftar_Gambar.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 7202441010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7202441010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 7202441010_BAB_I.pdf] Text
7202441010_BAB_I.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 7202441010_BAB_II.pdf] Text
7202441010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[thumbnail of 7202441010_BAB_III.pdf] Text
7202441010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[thumbnail of 7202441010_BAB_IV.pdf] Text
7202441010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[thumbnail of 7202441010_BAB_V.pdf] Text
7202441010_BAB_V.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 7202441010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7202441010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 7202441010_Lampiran.pdf] Text
7202441010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pangururan, Samosir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 358 siswa. Sementara sampel nya dari kelas X7 sebagai kelas kontrol dan X8 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 72 siswa diambil dengan teknik Purposive Sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 soal. Sebelum tes ini diberikan kepada sampel yang sesungguhnya, maka tes ini diuji terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan uji T. Dari hasil analisis data kelas eksperimen, nilai rata-rata pretest dan post test yaitu 60,5 dan 84,4. Sedangkan pada kelas kontrol, nilai rata-rata pretest dan post test yaitu 52,6 dan 64,7. Pengujian hipotesis dari hasil uji T dengan menggunakan SPSS diperoleh sig. 0,008 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Pangururan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 24 Jul 2025 05:31
Last Modified: 24 Jul 2025 05:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64320

Actions (login required)

View Item
View Item