Purba, Drasiska (2012) UPAYA PENINGKATAN RESPON PADA PEMBELAJARAN SAINS MELALUI MODEL ARIAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NO. 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313074 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313074 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
108313074 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
108313074 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313074 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313074 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313074 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313074 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313074 BAB I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
108313074 BAB V.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313074 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya respon belajar Sains siswa kelas IV SD Negeri No. 101767 Tembung Tahun Ajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan respon siswa pada pembelajaran sains melalui model ARIAS pada pokok bahasan perambatan bunyi pada benda padat, cair dan gas pada siswa kelas IV SD Negeri No. 101767 Tembung Tahun Ajaran 2011/2012.Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, jumlah subjek adalah sebanyak 37 siswa yang berasal dari siswa kelas IV pada tahun 2011/2012 yang terdiri dari 17 siswa putri dan 20 siswa putra. Untuk memperoleh data dalam penulisan ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan observasi.Dari hasil penelitian berupa kegiatan awal, kegiatan lanjutan (siklus I ) dan Siklus II dalam pelajaran Sains pokok bahasan perambatan bunyi pada benda padat, cair dan gas, ternyata telah diperoleh peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa secara signifikan. Persentase nilai rata-rata hasil observasi siswa telah meningkat dari 17,68 dengan nilai P = 1,96 pada saat siklus I (Pertemuan I) menjadi 19,86 dengan nilai P = 2,21 pada saat siklus I (Pertemuan II). Pada siklus II Persentase nilai rata-rata hasil observasi siswa telah meningkat menjadi 23,14 dengan nilai P = 2,57 (Pertemuan III) dan meningkat menjadi 25,24 dengan nilai P = 2,80 pada pertemuan IV.Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran sains melalui model ARIAS pada pokok bahasan perambatan bunyi pada benda padat, cair dan gas dapat meningkatkan respon belajar siswa. Peneliti menyarankan agar guru bidang studi Sains lebih meningkatkan kualitas pembelajaran sains melalui model pembelajaran ARIAS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Pur u |
Keywords: | Respon; pelajaran Sains; Model ARIAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 06:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6432 |