PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PHET COLORADO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI LISTRIK DINAMIS DI SMP N 1 PARBULUAN

Sianturi, Simon Galileo (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PHET COLORADO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI LISTRIK DINAMIS DI SMP N 1 PARBULUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183351014_Cover.pdf] Text
4183351014_Cover.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4183351014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183351014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4183351014_Abstrak.pdf] Text
4183351014_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4183351014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183351014_Kata_Pengantar.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 4183351014_Daftar_Isi.pdf] Text
4183351014_Daftar_Isi.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 4183351014_BAB_I.pdf] Text
4183351014_BAB_I.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 4183351014_BAB_II.pdf] Text
4183351014_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[thumbnail of 4183351014_BAB_III.pdf] Text
4183351014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[thumbnail of 4183351014_BAB_IV.pdf] Text
4183351014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[thumbnail of 4183351014_BAB_V.pdf] Text
4183351014_BAB_V.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4183351014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183351014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4183351014_Lampiran.pdf] Text
4183351014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan Phet Colorado pada materi Listrik Dinamis. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode quasi experiment dengan metode pretest-posttest control group design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas IX SMP N 1 Parbuluan ada 6 kelas T.A 2023/2024 dengan jumlah peserta didik 174 orang. Sampel penelitian diambil dari dua kelas yakni kelas eksperimen IX-1 dengan jumlah 29 orang dan kelas kontrol IX-2 dengan jumlah 29 orang. Instrument yang digunakan berupa pilihan berganda 20 soal yang sudah divalidasi. Uji hipotesis menggunakan uji t pihak kanan dengan hasil penelitian diperoleh nilai thitung> ttabel (1,880 > 1,6993) artinya Ha diterima dan H0 ditolak, berarti ada pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan Phet Colorado terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Listrik Dinamis. Hasil uji N-Gain diperoleh kelas eksperimen memilki nilai N-Gain 0,49 sementara kelas kontrol 0,45 berada pada. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 537 Sia p
Keywords: Inkuiri terbimbing; Berpikir kritis; Phet Colorado; Listrik dinamis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:02
Last Modified: 24 Jul 2025 03:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64286

Actions (login required)

View Item
View Item