Banjarnahor, Heru Elpando (2024) PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS BELAJAR, KOMPETENSI GURU DAN PENDAPATAN ORANG TUA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA SANTO PETRUS SIDIKALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203141027_Cover.pdf
Download (1MB)
7203141027_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
7203141027_Abstrak.pdf
Download (1MB)
7203141027_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7203141027_Daftar_Isi.pdf
Download (433kB)
7203141027_Daftar_Tabel.pdf
Download (1MB)
7203141027_Daftar_Gambar.pdf
Download (1MB)
7203141027_Daftar_Lampiran.pdf
Download (210kB)
7203141027_BAB_I.pdf
Download (1MB)
7203141027_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
7203141027_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7203141027_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
7203141027_BAB_V.pdf
Download (137kB)
7203141027_Daftar_Pustaka.pdf
Download (12MB)
7203141027_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yakni rendahnya fasilitas belajar,
kompetensi guru, pendapatan orang tua serta prestasi belajar siswa. Adapun
tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar,
kompetensi pedagogik guru dan pendapatan orangtua terhadap prestasi belajar
siswa di SMA Santo Petrus Sidikalang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Santo
Petrus Sidikalang yang beralamat di JL.Persada No.97, Huta Rakyat, Kec.
Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Jenis Penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif yaitu penelitian ex post facto dengan teknik pengambilan
sampel yakni simple random sampling dengan jumlah sampel sejumlah 118 siswa.
Instrumen yang digunakan yakni angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang
digunakan adalah: uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji
heteroskedastisitas, uji analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, dan
uji hipotesis (t dan F) yang dilakukan dengan berbantuan program SPSS 22.
Adapun hasil perhitungan uji t atau secara parsial menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan antara Fasilitas Belajar (X1) terhadap
Prestasi Belajar (Y) siswa, diperoleh nilai thitung > ttabel (2,244>1,658) dan nilai
signifikansi (0,027<0,05), terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara
Kompetensi Pedagogik Guru (X2) terhadap Prestasi Belajar (Y) siswa, dengan
nilai thitung > ttabel (2,362>1,658 ) dan nilai signifikansi (0,020< 0,05). Dan terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan antara Pendapatan Orang Tua (X3) terhadap
Prestasi Belajar (Y) siswa, dengan nilai thitung > ttabel (2,296>1,658) dan nilai
signifikansi (0,024< 0,05). Hasil uji F atau secara Simultan menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Fasilitas Belajar (X1),
Kompetensi Pedagogik Guru (X2), dan Pendapatan Orang Tua (X3) terhadap
Prestasi Belajar (Y) siswa, diperoleh hasil Fhitung > Ftabel (6,384 > 2,69). Dan nilai
signifikansi � = (0,000 < 0,05). Hasil penelitian ini menunjukksn bahwa
terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Fasilitas Belajar (X1), Kompetensi
Pedagogik Guru (X2), dan Pendapatan Orang Tua (X3) terhadap Prestasi Belajar
(Y) siswa di SMA Santo Petrus Sidikalang baik secara parsial maupun simultan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Fasilitas Belajar, Kompetensi Pedagogik Guru, Pendapatan Orang Tua, Prestasi Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:24 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 08:24 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64259 |
