Wati, Merdeka (2012) MENINGKATKAN HARGA DIRI SISWA DENGAN PENGAJARAN DISIPLIN DI KELAS V SD NEGERI NO. 104208 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2011 / 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313205 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
108313205 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
108313205 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
108313205 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
108313205 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
108313205 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
108313205 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
108313205 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
108313205 BAB I.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
108313205 BAB V.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
108313205 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104208 Percut Sei Tuan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pengajaran disiplin dengan sasaran utama bertujuan untuk meningkatkan harga diri siswa di kelasV SD Negeri No. 104208 Percut Sei Tuan. Rumusan masalah penelitian adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan pengajaran disiplin dapat meningkatkan harga diri siswa di kelas V SD Negeri No. 104208 Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat meningkatnya harga diri siswa dalam proses belajar mengajar yang menggunakan pengajaran disiplin. Jumlah subjek penelitian sebanyak 30 orang yang berasal dari siswa kelas V SD Negeri No. 104208 Percut Sei Tuan pada tahun ajaran 2011 / 2012, dimana kegiatan dilakukan pada saat pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) berlangsung. Untuk memperoleh data dari lembar pengamatan bahwa siswa yang tuntas belajar sebelum siklus sebanyak 4 siswa (13,33%) yang tuntas pada siklus I sebnayak 18 siswa (67,66%) sedangkan yang tuntas pada siklus II sebnayak 28 siswa(93,33%). Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan rata rata dari 67,7% pada test siklus I menjadi 80,6 % pada tes siklus II. Dari 12 siswa (40%) yang mendapat tingkat penguasaan rendah pada test siklus I menjadi 2 siswa (6,6%) pada siklus II. Dari 10 siswa (33,33%) yang mendapat tingkat penguasaan sedang pada test I menjadi 6 siswa (20%) pada siklus II dari 8 siswa (67,6%) yang mendapat tingkat penguasaan tinggi menjadi 28 siswa(93,3%) pada silus II. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa pemberian tugas dengan pembelajaran yang menggunakan pengajaran disiplin dapat meningkatkan harga diri siswa kelas V SD Negeri 104208 Percut Sei tuan, dengan demikian dapat dikatakan bahwa hubungan pengajaran disiplin dengan meningkatnya harga diri siswa dapat kita lihat dari prestasi belajar siswa yang meningkat. Dari hasil temuan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu dengan menggunakan pengajaran disiplin dalam pembelajaran Pendidikan kewarnegaraan (Pkn) dapat meningkatkan harga diri siswa kelas V Sd Negeri No 104208 Percut Sei Tuan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Wat m |
Keywords: | Harga Diri;Pengajaran;Peran; Berfikir |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 06:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6425 |