Jarwanti, Uci (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH DI KELAS IV SD. NEGERI 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313381 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
108313381 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
108313381 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
108313381 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
108313381 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
108313381 BAB I.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
108313381 BAB V.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
108313381 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap penyelesaian soal penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung Tahun Ajaran 2010-2012.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pemecahan masalah di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung Tahun Ajaran 2011-2012.Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101767 Tembung yang berjumlah 36 orang siswa.Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan pecahan desimal. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Dari hasil analisis data diperoleh pada kondisi awal skor rata-rata siswa adalah 48,8 dengan nilai ketuntasan 4 siswa (11,11%) dan 32 siswa (88,89%) tidak tuntas. Pada pelaksanaan siklus I dengan menggunakan metode pemecahan masalah terjadi peningkatan dengan skor rata-rata siswa adalah 65 dengan nilai ketuntasan 15 siswa (41,7%) dan 21 siswa (58,3%) tidak tuntas. Dan pada pelaksanaan siklus II juga menggunakan metode pemecahan masalah dan melakukan perbaikan pada siklus I,sehingga pada siklus II lebih mengalami peningkatan dari siklus I dengan skor rata-rata siswa adalah 83,89 dengan nilai ketuntasan 33 siswa (91,6%) dan 3 siswa (8,4%) tidak tuntas.Dengan demikian Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Jar m |
Keywords: | Belajar;Matematika;Pemecahan Masalah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6417 |