Setiawan, Dyki (2024) Desain dan Analisis Kontrol Kecepatan Motor Brushless Arus Searah menggunakan Kontroller PID (Proportional Integral Derivative) Terhadap Perubahan Torsi. Undergraduate thesis, UNIMED.
5173530011_Cover.pdf
Download (49kB)
5173530011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (555kB)
5173530011_Kata_Pengantar.pdf
Download (144kB)
5173530011_Abstrak.pdf
Download (64kB)
5173530011_Daftar_Isi.pdf
Download (104kB)
5173530011_Daftar_Tabel.pdf
Download (54kB)
5173530011_Daftar_Gambar.pdf
Download (145kB)
5173530011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
5173530011_BAB_I.pdf
Download (148kB)
5173530011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
5173530011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (755kB)
5173530011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (975kB)
5173530011_BAB_V.pdf
Download (38kB)
5173530011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (127kB)
5173530011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ni bertujuan untuk (1) Mengetahui cara pemodelan pengaturan kecepatan motor BLDC menggunakan Kontroler PID. (2) Mengetahui pengaruh perubahan torsi terhadap kinerja putaran motor BLDC dengan kontroler PID. (3) Mengetahui pengaruh perubahan torsi terhadap nilai rise time, settling time, overshoot, dan eror steady state pada controller PID.
Pemelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan mendesain sebuah pengaturan kecepatan motor BLDC dengan kontroler PID pada perangkat lunak Matlab, kemudian melakukan pengujian terhadap kontroler dengan melakukan simulasi kecepatan motor dengan memasukaan parameter torsi yang berbeda yaitu 0 Nm, 0,5 Nm, 1Nm dan 2 Nm. Karakteristik motor BLDC yang akan diamati adalah Risetime, Overshoot, Settling Time dan error steady state dari hasil simulasi terhadap setiap perubahan torsi.
Hasil Penelitian yang telah dilakukan pada pengaturan kecepatan motor BLDC dengan PID didapatkan bahwa pada simulasi tanpa beban (0 Nm) nilai risete 3.363 ms, beban 0.5 Nm 3.217, beban 1 Nm 1.99ms dan beban 2 Nm sebesar 3.214 ms, lalu nilai overshoot tanpa beban (0 Nm) 15.75 %, beban 0.5 Nm 18.08 %, beban 1 Nm 19.83 % dan beban 2 Nm sebesar 21.91 %.. Nilai Setrling Time tanpa beban (0 Nm) 19.999 ms, beban 0.5 Nm 19.997 beban 1 Nm 19.995 ms dan beban 2 Nm sebesar 19.68 ms. Untuk Jilai error steady state pada setiap perubahan torsi tidak mengalami perubahan yaitu rata-rata mendapat nilai sebesar 0.25 %.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | BLDC, Kontroller PID, Matlab, Kecepatan Motor, Simulasi |
| Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
| Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
| Date Deposited: | 22 Jul 2025 08:07 |
| Last Modified: | 22 Jul 2025 08:07 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64167 |
