Desain dan Analisis Kontrol Kecepatan Motor Brushless Arus Searah menggunakan Kontroller PID (Proportional Integral Derivative) Terhadap Perubahan Torsi

Setiawan, Dyki (2024) Desain dan Analisis Kontrol Kecepatan Motor Brushless Arus Searah menggunakan Kontroller PID (Proportional Integral Derivative) Terhadap Perubahan Torsi. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5173530011_Cover.pdf] Text
5173530011_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 5173530011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5173530011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of 5173530011_Kata_Pengantar.pdf] Text
5173530011_Kata_Pengantar.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 5173530011_Abstrak.pdf] Text
5173530011_Abstrak.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 5173530011_Daftar_Isi.pdf] Text
5173530011_Daftar_Isi.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 5173530011_Daftar_Tabel.pdf] Text
5173530011_Daftar_Tabel.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 5173530011_Daftar_Gambar.pdf] Text
5173530011_Daftar_Gambar.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 5173530011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5173530011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 5173530011_BAB_I.pdf] Text
5173530011_BAB_I.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 5173530011_BAB_II.pdf] Text
5173530011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 5173530011_BAB_III.pdf] Text
5173530011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[thumbnail of 5173530011_BAB_IV.pdf] Text
5173530011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)
[thumbnail of 5173530011_BAB_V.pdf] Text
5173530011_BAB_V.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 5173530011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5173530011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 5173530011_Lampiran.pdf] Text
5173530011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ni bertujuan untuk (1) Mengetahui cara pemodelan pengaturan kecepatan motor BLDC menggunakan Kontroler PID. (2) Mengetahui pengaruh perubahan torsi terhadap kinerja putaran motor BLDC dengan kontroler PID. (3) Mengetahui pengaruh perubahan torsi terhadap nilai rise time, settling time, overshoot, dan eror steady state pada controller PID.
Pemelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan mendesain sebuah pengaturan kecepatan motor BLDC dengan kontroler PID pada perangkat lunak Matlab, kemudian melakukan pengujian terhadap kontroler dengan melakukan simulasi kecepatan motor dengan memasukaan parameter torsi yang berbeda yaitu 0 Nm, 0,5 Nm, 1Nm dan 2 Nm. Karakteristik motor BLDC yang akan diamati adalah Risetime, Overshoot, Settling Time dan error steady state dari hasil simulasi terhadap setiap perubahan torsi.
Hasil Penelitian yang telah dilakukan pada pengaturan kecepatan motor BLDC dengan PID didapatkan bahwa pada simulasi tanpa beban (0 Nm) nilai risete 3.363 ms, beban 0.5 Nm 3.217, beban 1 Nm 1.99ms dan beban 2 Nm sebesar 3.214 ms, lalu nilai overshoot tanpa beban (0 Nm) 15.75 %, beban 0.5 Nm 18.08 %, beban 1 Nm 19.83 % dan beban 2 Nm sebesar 21.91 %.. Nilai Setrling Time tanpa beban (0 Nm) 19.999 ms, beban 0.5 Nm 19.997 beban 1 Nm 19.995 ms dan beban 2 Nm sebesar 19.68 ms. Untuk Jilai error steady state pada setiap perubahan torsi tidak mengalami perubahan yaitu rata-rata mendapat nilai sebesar 0.25 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: BLDC, Kontroller PID, Matlab, Kecepatan Motor, Simulasi
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:07
Last Modified: 22 Jul 2025 08:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64167

Actions (login required)

View Item
View Item