Wahyuni, Noviana (2012) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH ( SPBM ) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KLS V SD MEDAN. TAHUN AJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313233 COVER.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
108313233 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
108313233 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313233 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313233 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313233 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313233 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313233 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313233 BAB I.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
108313233 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
108313233 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajarIPS siswa kelas V SDN 060939 Medan. Hal ini menyebabkan nilai siswa menjadirendah dan tidak mencapai KKM yang telah ditentukan sekolah, yaitu 60. Penelitianini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan mendorong siswa agarmampu mengembangkan potensi dirinya dalam kehidupan sehari-hari serta sebagaimasukan bagi guru untuk mengaplikasikan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalahpada pembelajaran IPS materi Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan NasionalIndonesia.Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri060939 Medan Amplas tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 35 siswa yang terdiridari 12 laki-laki dan 23 perempuan. Penentuan subjek diperoleh berdasarkan hasilpengamatan terhadap kelas yang akan diteliti dan berdasarkan hasil rujukan dariguru kelas. Objek penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya meningkatkanmotivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajahdan pergerakan nasional Indonesia melalui penerapan Strategi PembelajaranBerbasis Masalah.Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan evaluasi/refleksi. Instrumenpenelitian menggunakan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran materiperjuanagan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia dengan penerapanStrategi Pembelajaran Berbasis Masalah. Indikator observasi motivasi belajar terdiridari 7 dan 20 deskriptor.Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata kelas V yang berjumlah 35 siswapada saat observasi awal sebelum diberikan tindakan sebesar 31,91 dan tingkatmotivasi belajar klasikal mencapai 25,71% atau hanya 9 siswa yang termotivasibelajar dan 26 siswa lainnya belum termotivasi. Rata-rata dan ketuntasan belajarsiswa ini masih tergolong rendah.Setelah diberikan tindakan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas menjadi37,97 dengan tingkat motivasi belajar klasikal sebesar 51,43% atau sebanyak 19siswa yang telah mencapai motivasi belajar > skor 40, siswa lainnya (45,71%) belumtermotivasi belajar. Pada siklus II skor rata-rata motivasi belajar siswa meningkat lagimenjadi 49,86 dengan tingkat motivasi belajar klasikal sebesar 91,43% atausebanyak 32 yang memiliki motivasi belajar > skor 40 dan sisanya 3 orang siswa lagi(8,57%) yang motivasi belajarnya belum meningkat (< skor 40).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan StrategiPembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan motivasi belajar IPS di kelasV SD Negeri 060939 Medan tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Wah p |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Motivasi Belajar Siswa; Pelajaran IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6414 |