Putri, Rantika Alycia (2022) Pengembangan Bahan Ajar Teks Persuasi Berbantuan VN Video Editor VlogNow untuk Siswa Kelas VIII. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2181111025 COVER.pdf
Download (41kB)
2. NIM 2181111025 APPROVAL SHEET.pdf
Download (201kB)
3. NIM 2181111025 ABSTRACT.pdf
Download (365kB)
4. NIM 2181111025 PREFACE.pdf
Download (254kB)
5. NIM 2181111025 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (236kB)
6. NIM 2181111025 LIST OF TABLE.pdf
Download (103kB)
7. NIM 2181111025 LIST OF FIGURE.pdf
Download (33kB)
8. NIM 2181111025 LIST OF DIAGRAM.pdf
Download (31kB)
9. NIM 2181111025 APPENDICES.pdf
Download (197kB)
10. NIM 2181111025 CHAPTER I.pdf
Download (557kB)
11. NIM 2181111025 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (605kB)
12. NIM 2181111025 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (552kB)
16. NIM 2181111025 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
14. NIM 2181111025 CHAPTER V.pdf
Download (191kB)
15. NIM 2181111025 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (360kB)
13. NIM 2181111025 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan proses pengembangan bahan
ajar teks persuasi berbantuan VN Video Editor VlogNow untuk siswa kelas VIII,
(2) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar teks persuasi berbantu VN Video Editor
VlogNow untuk siswa kelas VIII. Pengembangan bahan ajar teks persuasi
berbantuan VN Video Editor VlogNow melalui tahap analisis potensi dan
masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi
menggunakan model Borg and Gall yang di modifikasi oleh Sugiyono sampai
tahap ke lima. Tahap validasi melibatkan dosen ahli materi dan dosen ahli media
untuk memvalidasi dan menilai kelayakan materi dan kelayakan media. Sampel
penelitian adalah 30 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sibolangit
menggunakan teknik Purpossive Sample. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan angket. Instrumen penelitian berupa lembar angket
validasi ahli materi, ahli media dan angket kebutuhan siswa menggunakan
perhitungan skala Likert. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis
deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar teks persuasi
berbantuan VN Video Editor VlogNow untuk siswa kelas VIII dinyatakan “layak”
digunakan sebagai bahan ajar pendukung pembelajaran sesuai hasil validasi ahli
materi dan media. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor persentase
keseluruhan sebesar 83% termasuk kriteria “sangat baik”, untuk kelayakan isi
84%, kelayakan penyajian, 85%, kelayakan bahasa 83% dan kelayakan penilaian
konseptual 80%. Ahli media memperoleh skor keseluruhan 83% untuk aspek
tampilan, tipografi, audio, video, pemrograman, kemasan dan kemanfaatan bahan
ajar termasuk kriteria “sangat baik”. Berdasarkan analisis data hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa bahan ajar teks persuasi berbantu VN Video Editor
VlogNow untuk siswa kelas VIII “layak” digunakan sebagai bahan ajar pendukung
dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Bahan Ajar; Teks Persuasi; VN Video Editor VlogNow |
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:20 |
| Last Modified: | 22 Jul 2025 03:20 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64136 |
