Kemampuan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Oleh Siswa SMAK Negeri Samosir Tahun Pembelajaran2021/2022

Simarmata, Irapinitta (2022) Kemampuan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Oleh Siswa SMAK Negeri Samosir Tahun Pembelajaran2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2163111023 COVER.pdf] Text
1. NIM 2163111023 COVER.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 2. NIM 2163111023 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 2163111023 APPROVAL SHEET.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of 3. NIM 2163111023 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 2163111023 ABSTRACT.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4. NIM 2163111023 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 2163111023 PREFACE.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 5. NIM 2163111023 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 2163111023 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 6. NIM 2163111023 LIST OF TABLES.pdf] Text
6. NIM 2163111023 LIST OF TABLES.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 7. NIM 2163111023 LIST OF APPENDICES.pdf] Text
7. NIM 2163111023 LIST OF APPENDICES.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 8. NIM 2163111023 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM 2163111023 CHAPTER I.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 9. NIM 2163111023 CHAPTER II.pdf] Text
9. NIM 2163111023 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)
[thumbnail of 10. NIM 2163111023 CHAPTER III.pdf] Text
10. NIM 2163111023 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[thumbnail of 11. NIM 2163111023 CHAPTER IV.pdf] Text
11. NIM 2163111023 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)
[thumbnail of 12. NIM 2163111023 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM 2163111023 CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[thumbnail of 13. NIM 2163111023 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM 2163111023 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 14. NIM 2163111023 ENDCLOSURE.pdf] Text
14. NIM 2163111023 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis surat
lamaran pekerjaan oleh siswa kelas xii smak negeri samosir tahun pembelajaran
2021/2022. Dalam pelaksanaannya metode penelitian yang digunakan peneliti adalah
metode penelitian deskriptif. Populasi penelitian yang digunakan untuk
pengumpulan data adalah seluruh siswa kelas XII SMAK NegeriSamosir yang terdiri
dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 103 siswa. Dari populasi penelitian
diambil sampel penelitian dengan cara teknik random sampling (acak). Sampel
penelitian yang terpilih dari teknik tersebut adalah kelas XII-MIPA dengan jumlah
siswa sebanyak 33 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah bentuk Tes Essai. Tes essai yangdimaksud adalah siswa menulis surat lamaran
pekerjaan dengan memperhatikan unsur-unsur dan sistematika penulisan surat
lamaran pekerjaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis surat
lamaran pekerjaan oleh siswa dinilai dari aspek ketepatan isi sudah baik dengan skor
rata-rata yang diperoleh siswa adalah 83, dinilai dari aspek unsur-unsur surat
kemampuan siswa sudah sangat baik dengan skor rata-rata yang diperoleh siswa
adalah 89, berdasarkan aspek struktur penulisan surat maka kemampuan menulis
siswa sudah sangat baik dengan nilai skor rata-rata88,5, dinilai berdasarkan aspek
pemilihan diksi/bahasa surat siswa memiliki kemampuan yang cukup dengar nilai
skor rata-rata 72,5, serta berdasarkan aspek sistematika penulisan surat, siswa
memiliki kemampuan yang cukup dengan nilai skor rata-rata 68,5. Jadi hasil
penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XII MIPA SMAK Negeri Samosir
dikategorikan sudah mampu dalam menulis surat lamaran pekerjaan, dengan jumlah
skor rata-rata dari kelima aspek penilaian adalah 80,45 dan dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan; Menulis; Surat
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 22 Jul 2025 02:54
Last Modified: 22 Jul 2025 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64125

Actions (login required)

View Item
View Item