Pratama, Nur Apna (2024) Pengembangan Mobile Learning Gamification (MEGIE) Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMK Swasta Imelda. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5191151001_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151001_Cover.pdf
Download (156kB)
![[thumbnail of 5191151001_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (824kB)
![[thumbnail of 5191151001_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151001_Kata_Pengantar.pdf
Download (881kB)
![[thumbnail of 5191151001_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151001_Abstrak.pdf
Download (208kB)
![[thumbnail of 5191151001_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151001_Daftar_Isi.pdf
Download (181kB)
![[thumbnail of 5191151001_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151001_Daftar_Tabel.pdf
Download (117kB)
![[thumbnail of 5191151001_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151001_Daftar_Gambar.pdf
Download (118kB)
![[thumbnail of 5191151001_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (118kB)
![[thumbnail of 5191151001_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151001_BAB_I.pdf
Download (318kB)
![[thumbnail of 5191151001_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5191151001_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (685kB)
![[thumbnail of 5191151001_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 5191151001_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151001_BAB_V.pdf
Download (208kB)
![[thumbnail of 5191151001_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (237kB)
![[thumbnail of 5191151001_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Perkembangan teknologi mobile sangat pesat, dengan telepon seluler menjadi perangkat yang umum dipakai. Sebagian besar siswa saat ini kemungkinan besar memiliki setidaknya satu telepon seluler, bahkan beberapa mungkin memiliki lebih dari satu. Media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi telepon selular disebt dengan mobile learning. Mobile learning adalah salah satu alternatif dalam pengembangan media pembelajaran. Di SMK Swasta Imelda, penggunaan gawai masih belum dimanfaatkan secara baik. Maka dari itu, Mobile Learning sebagai mediaalternatif pada pembelajaran Informatika agar para siswa dapat belajar secara mandiri. Penelitian ini dilakukan pada kelas X TKJ-1 yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan MDLC, yang terdiri darienam tahap yaitu, konsep, desain, pengumpulan materi, peraktikan,pengujian, dan distribusi. Analisis data yang yaitu, validasi media dan validasi materi. Dilanjutkan dengan akseptansi dari siswa dari penggunan aplikasi. Hasil penilaian ahli materi berdasarkan aspek panduan dann informasi, desain materi dan evaluasi diperoleh skor rerata soal 4.10 dari skor maksimal 5.00 atau termasuk dalam kategori “Layak” sedangkan untuk hasil penilaian ahli media berdasarkan aspek Panduan dan Informasi, Kinerja Program dan Sistematika, Estetika, Kualitas audio, Kualitas video memperoleh skor rerata total 4.04 dari skor maksimal 5.00 atau termasuk kategori “Layak”. Respon penilaian pengguna/siswa terhadap media pembelajaran desain grafis dilihat dari aspek Panduan dan Informasi, Materi Multimedia, Evaluasi, Desain dan Fasilitas Media serta Efek pedagogi memperoleh skor rerata total 4.30 dari skor maksimal 5.00 atau termasuk kategori “Sangat Baik”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Mobile Leaning; Gamification; Informatika; MDLC |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:35 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64122 |