PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMAS GKPI PADANG BULAN T.A 2023/2024

Sirait, Gerry Morado Alfonsus (2024) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMAS GKPI PADANG BULAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203141016_Cover.pdf] Text
7203141016_Cover.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of 7203141016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203141016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of 7203141016_Abstrak.pdf] Text
7203141016_Abstrak.pdf

Download (887kB)
[thumbnail of 7203141016_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203141016_Kata_Pengantar.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of 7203141016_Daftar_Isi.pdf] Text
7203141016_Daftar_Isi.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of 7203141016_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203141016_Daftar_Tabel.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of 7203141016_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203141016_Daftar_Gambar.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 7203141016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203141016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (607kB)
[thumbnail of 7203141016_BAB_I.pdf] Text
7203141016_BAB_I.pdf

Download (912kB)
[thumbnail of 7203141016_BAB_II.pdf] Text
7203141016_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7203141016_BAB_III.pdf] Text
7203141016_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7203141016_BAB_IV.pdf] Text
7203141016_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7203141016_BAB_V.pdf] Text
7203141016_BAB_V.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of 7203141016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203141016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of 7203141016_Lampiran.pdf] Text
7203141016_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar,
fasilitas belajar, dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar.
Penelitian ini dilakukan di SMAS GKPI Padang Bulan Jl. Jamin Ginting
No.21, Padang Bulan, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20157,
Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 94
orang dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah observasi dan angket yang diukur dengan skala linkert.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial
antara lingkungan belajar (X1) terhadap prestasi belajar diketahui dari nilai �ℎ�����
> ������ (5,004 > 1,661), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05). Kemudian
terdapat pengaruh secara parsial antara fasilitas belajar (X2) terhadap prestasi
belajar diketahui dari nilai �ℎ����� > ������ (4,331 > 1,661), dan nilai signifikansi
sebesar 0,000 < 0,05). Kemudian terdapat pengaruh secara parsial antara
manajemen waktu (X3) terhadap prestasi belajar diketahui dari nilai �ℎ����� > ������
(2,172 > 1,661), dan nilai signifikansi sebesar 0,032 < 0,05). Serta terdapat
pengaruh secara simultan antara lingkungan belajar, fasilitas belajar, dan
manajemen waktu terhadap prestasi belajar diketahui dari nilai �ℎ����� > ������
yaitu 34,111 > 2,71 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Adapun nilai koefisien determinasi
(�2) yang diperoleh sebesar 0,532 artinya lingkungan belajar, fasilitas belajar, dan
manajemen waktu mempengaruhi prestasi belajar sebesar 53,2%, sisanya 46,8%
dipengaruhi oleh variabel lain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Lingkungan Belajar, Fasilitas Belajar, Manajemen Waktu, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:24
Last Modified: 21 Jul 2025 09:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64109

Actions (login required)

View Item
View Item