Sirait, Gerry Morado Alfonsus (2024) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMAS GKPI PADANG BULAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203141016_Cover.pdf
Download (478kB)
7203141016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (602kB)
7203141016_Abstrak.pdf
Download (887kB)
7203141016_Kata_Pengantar.pdf
Download (557kB)
7203141016_Daftar_Isi.pdf
Download (638kB)
7203141016_Daftar_Tabel.pdf
Download (482kB)
7203141016_Daftar_Gambar.pdf
Download (453kB)
7203141016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (607kB)
7203141016_BAB_I.pdf
Download (912kB)
7203141016_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7203141016_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7203141016_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7203141016_BAB_V.pdf
Download (480kB)
7203141016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (585kB)
7203141016_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar,
fasilitas belajar, dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar.
Penelitian ini dilakukan di SMAS GKPI Padang Bulan Jl. Jamin Ginting
No.21, Padang Bulan, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20157,
Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 94
orang dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah observasi dan angket yang diukur dengan skala linkert.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial
antara lingkungan belajar (X1) terhadap prestasi belajar diketahui dari nilai �ℎ�����
> ������ (5,004 > 1,661), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05). Kemudian
terdapat pengaruh secara parsial antara fasilitas belajar (X2) terhadap prestasi
belajar diketahui dari nilai �ℎ����� > ������ (4,331 > 1,661), dan nilai signifikansi
sebesar 0,000 < 0,05). Kemudian terdapat pengaruh secara parsial antara
manajemen waktu (X3) terhadap prestasi belajar diketahui dari nilai �ℎ����� > ������
(2,172 > 1,661), dan nilai signifikansi sebesar 0,032 < 0,05). Serta terdapat
pengaruh secara simultan antara lingkungan belajar, fasilitas belajar, dan
manajemen waktu terhadap prestasi belajar diketahui dari nilai �ℎ����� > ������
yaitu 34,111 > 2,71 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Adapun nilai koefisien determinasi
(�2) yang diperoleh sebesar 0,532 artinya lingkungan belajar, fasilitas belajar, dan
manajemen waktu mempengaruhi prestasi belajar sebesar 53,2%, sisanya 46,8%
dipengaruhi oleh variabel lain
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Lingkungan Belajar, Fasilitas Belajar, Manajemen Waktu, Prestasi Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:24 |
| Last Modified: | 21 Jul 2025 09:24 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64109 |
