Sitorus, Rahmad Fuji (2012) PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN PECAHAN DI KELAS IV SDN 132406 TANJUNGBALAI T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313264 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
108313264 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
108313264 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
108313264 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
108313264 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
108313264 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
108313264 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
108313264 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
108313264 BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
108313264 BAB V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
108313264 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika pada materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan. Hal itu dapat diketahui dari rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pemberian tugas pada mata pelajaran matematika pada materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan di kelas IV SDN 132406 Tanjungbalai 2011/2012.Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus yang terdiri dari 2 (dua) pertemuan dan 4 (empat) tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 38 orang yang terdiri dari 17 laki-laki dan 21 perempuan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatif berupa tes dan data kualitatif berupa observasi.Dengan menggunakan metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari mulai tes awal (pre test) hingga pada siklus II. Pada tes awal yang dilakukan sebelum siklus I, ada 14 orang siswa (36,8%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dan 24 (63,2%) yang tidak tuntas dalam belajar, dengan rata-rata nilai 62,6. Ketuntasan belajar pada post test siklus I mencapai 22 orang siswa (57,9%) dan 16 orang siswa (42,1%) tidak tuntas dalam belajar, dengan nilai rata-rata 69,1. Sedangkan nilai rata-rata observasi kegiatan peneliti sebesar 2,57 (cukup), nilai rata-rata observasi kegiatan siswa sebesar 2,42 (cukup). Dan ketuntasan belajar siswa pada pos test siklus II mencapai 35 orang siswa (92,1%) dan 3 orang ssiwa (7,9%) yang tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 90,5. Sedangkan nilai rata-rata observasi kegiatan peneliti sebesar 3,28 (baik), nilai rata-rata observasi kegiatan siswa sebesar 3,42 (baik). Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi hitung penjumlahan pecahan di kelas IV SDN 132406 Tanjungbalai T.A. 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sit p |
Keywords: | Metode Pemberian Tugas; Hasil Belajar Siswa; Operasi Hitung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6410 |