Hasibuan, Ela Kumala Sari (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA UTAMA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7201141007_Cover.pdf
Download (68kB)
7201141007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (675kB)
7201141007_Abstrak.pdf
Download (266kB)
7201141007_Kata_Pengantar.pdf
Download (238kB)
7201141007_Daftar_Isi.pdf
Download (132kB)
7201141007_Daftar_Tabel.pdf
Download (36kB)
7201141007_Daftar_Gambar.pdf
Download (34kB)
7201141007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
7201141007_BAB_I.pdf
Download (524kB)
7201141007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (952kB)
7201141007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (965kB)
7201141007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7201141007_BAB_V.pdf
Download (164kB)
7201141007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (261kB)
7201141007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya persepsi negatif
tentang motivasi belajar dikalangan siswa dan perhatian orang tua siswa kelas
XI IPS SMA Swasta Utama Medan yang tergolong rendah sehingga
membuat prestasi belajar siswa rendah dan tidak stabil. Oleh karena itu
penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh motivasi belajar dan
perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA
Swasta Utama Medan.
Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Utama Medan. Jenis
penelitian ini adalah expost facto dengan teknik pengambilan sampel
menggunakan Teknik total sampling atau seluruh populasi penelitian yaitu
sebanyak 40 orang siswa . Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah observasi, dokumentasi dan angket/kuisioner. Uji instrument
penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan
menggunakan aplikasi SPSS versi 27. Teknik analisis data yang digunakan
antara lain: uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis linear
berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis yaitu : uji t dan uji f yang
dilakukan menggunakan SPSS versi 27.
Hasil perhitungan regresi linear berganda adalah Y = 35,755 +
0,392X1 + 0,210X2. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa secara
parsial Motivasi Belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
prestasi belajar dengan nilai thitung>ttabel (4,461>1,672) pada taraf
signifikan 95% atau α = 0,05, perhatian orang tua memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung>ttabel
(2,251>1,672) pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Hasil uji F
menunjukkan bahwa Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar dengan nilai
fhitung>ftabel (16,205>3,16) pada taraf signifikansi α (0,000<0,05).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni
terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Perhatian
Orang Tua terhadap Prestasi Belajar siswa baik secara parsial dan simultan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:15 |
| Last Modified: | 21 Jul 2025 08:15 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64088 |
