Sudirman, Dian Maulana (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KAHOOT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMAN 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7201141003_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141003_Cover.pdf
Download (52kB)
![[thumbnail of 7201141003_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (199kB)
![[thumbnail of 7201141003_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141003_Abstrak.pdf
Download (87kB)
![[thumbnail of 7201141003_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141003_Kata_Pengantar.pdf
Download (210kB)
![[thumbnail of 7201141003_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141003_Daftar_Isi.pdf
Download (147kB)
![[thumbnail of 7201141003_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141003_Daftar_Tabel.pdf
Download (85kB)
![[thumbnail of 7201141003_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141003_Daftar_Gambar.pdf
Download (56kB)
![[thumbnail of 7201141003_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (56kB)
![[thumbnail of 7201141003_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141003_BAB_I.pdf
Download (455kB)
![[thumbnail of 7201141003_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7201141003_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (815kB)
![[thumbnail of 7201141003_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7201141003_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141003_BAB_V.pdf
Download (167kB)
![[thumbnail of 7201141003_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (180kB)
![[thumbnail of 7201141003_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar serta keaktifan siswa
dalam proses pembelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 7 Medan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning
dengan menggunakan media Kahoot terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar
ekonomi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS
SMAN 7 Medan dengan jumlah sampel 60. Teknik yang digunakan dalam
pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Metode penelitian yang
digunakan adalah Quasi Eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan uji
normalitas, uji homogenitas, uji keaktifan belajar, dan uji hipotesis. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar peserta didik di kelas eksperimen lebih
tinggi dari kelas kontrol yaitu 15 peserta didik di kelas eksperimen yang tergolong
sangat tinggi tingkat keaktifan dan 15 peserta didik tergolong tinggi. Hasil belajar
yang diajarkan dengan model problem based learning dengan menggunakan media
kahoot lebih tinggi dari hasil belajar yang diajarkan dengan model konvensional,
dimana rata-rata kelas eksperimen 37,79 (pre-test) meningkat menjadi rata-rata 81,5
(post-test). Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran
problem based learning dengan menggunakan media kahoot pada pelajaran
ekonomi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS
SMAN 7 Medan. Hal tersebut diperoleh dari hasil uji t menunjukkan bahwa
hipotesis keaktifan belajar thitung > ttabel (3,394 > 1,671), sehingga hipotesis
penelitian diterima. Sedangkan hipotesis hasil belajar diperoleh thitung > ttabel
(4,277 > 1,671), sehingga hipotesis penelitian diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Kahoot, Quasi Eksperimen, keaktifan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:07 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64084 |