Elvira, Dita (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SD ALWASHLIYAH JL NEGARA NO 97 KECAMATAN MEDAN-TEMBUNG TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313072 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313072 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
108313072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
108313072 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313072 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313072 BAB I.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
108313072 BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
108313072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa untuk materi pelajaran Kegiatan Ekonomi Di Indonesia yang disebabkan oleh pembelajaran yang monoton dan kurangnya interaksi antar guru dan siswa. Hal ini telah di buktikan melalui test awal yang dilakukan peneliti. Hasil test awal tersebut menunjukkan bahwa baru 35% siswa yang hasil belajarnya di atas rata-rata, sementara 65% lainnya memiliki hasil belajar rendah.Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya pada materi pelajaran kegiatan ekonomi di Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan.Hipotesis tindakan dari masalah dalam penelitian ini adalah peneliti menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching yang mengutamakan interaksi dengan lingkungan belajar untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi pelajaran Kegiatan Ekonomi Di Indonesia siswa kelas V SD ALWASHLIYAH JL Negara No 97 Kec. Medan-Tembung.Setelah di terapkannya pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran IPS materi pelajaran kegiatan ekonomi di Indonesia,maka hasil belajar pada siklus I menunjukkan bahwa sebanyak 55% siswa yang hasil belajarnya meningkat.dan 45% lainnya belum meningkat. Untuk itu, peneliti memutuskan mengadakan penelitian siklus II. Dari hasil belajar pada siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 25 % dari siklus I, yaitu siswa yang tuntas belajar mencapai 80%, dan siswa yang belum tuntas belajar hanya 20%.Maka dari hasil perolehan persentase di atas, peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD ALWASHLIYAH JL Negara No 97 Kec. Medan-Tembung TA 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Elv u |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Quantum Teaching; Pelajaran IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6408 |