-, Harnanda (2024) Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor di Kelas XI SMK N 4 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5203322002_Cover.pdf
Download (84kB)
5203322002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
5203322002_Kata_Pengantar.pdf
Download (467kB)
5203322002_Abstrak.pdf
Download (106kB)
5203322002_Daftar_Isi.pdf
Download (170kB)
5203322002_Daftar_Tabel.pdf
Download (77kB)
5203322002_Daftar_Gambar.pdf
Download (77kB)
5203322002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (78kB)
5203322002_BAB_I.pdf
Download (356kB)
5203322002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (772kB)
5203322002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (848kB)
5203322002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5203322002_BAB_V.pdf
Download (169kB)
5203322002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (256kB)
5203322002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) proses pembuatan E-modul Interaktif menggunakan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor di kelas XI SMK Negeri 4 Medan. 2) kelayakan e-modul Interaktif menggunakan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor di kelas XI SMK Negeri 4 Medan. 3) keefektifan e-modul Interaktif menggunakan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor di kelas XI SMK Negeri 4 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan ( Research and Development ). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik dan Bisinis Sepeda Motor (TBSM) SMK Negeri 4 Medan yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket dan tes. Pengembangan media diperoleh dari uji one to one berjumlah 6 orang siswa, kelompok kecil berjumlah 15 orang siswa dan kelompok besar berjumlah 26 orang siswa. Uji kelayakan dilakukan validasi oleh ahli media, ahli desain dan ahli materi yang dimana ahli media terdiri dari satu orang dosen Teknik Mesin Unimed, ahli desain terdiri dari satu orang dosen Teknik Mesin Unimed dan untuk ahli materi terdiri dari satu guru Teknik dan Bisnis Sepeda Motor di SMK N 4 Medan. Hasil Pengembangan e-modul inteaktif menunjukan bahwa hasil ahli media dengan rata rata 4 atau 100%, validasi ahli desain dengan rata-rata 3.65 atau 91.25%, validasi ahli materi dengan rata rata 3.69 atau 92.25% sehingga media sangat layak untuk di uji coba. Respon guru terhadap media 3.69 atau 92.25% dan respon siswa 90.75%. Sehingga di dapat, Ketuntasan klasikal siswa mencapai 88.46% termasuk ke dalam kategori efektif. Sehingga penelitan pengembangan e modul interaktif dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada mata pelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor di kelas XI SMK N 4 medan dinyatakan, valid, layak dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan; e-modul; PBL; ADDIE; Canva |
| Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:53 |
| Last Modified: | 21 Jul 2025 04:53 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64066 |
