Daulay, Gading Hakim Alamsyah (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA FANTASI BERBANTUAN WONDERSHARE FILMORA DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 12 KOTA BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
2202411015_Cover.pdf
Download (43kB)
2202411015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2202411015_Abstrak.pdf
Download (82kB)
2202411015_Kata_Pengantar.pdf
Download (807kB)
2202411015_Daftar_Isi.pdf
Download (87kB)
2202411015_Daftar_Tabel.pdf
Download (53kB)
2202411015_Daftar_Gambar.pdf
Download (53kB)
2202411015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (51kB)
2202411015_BAB_I.pdf
Download (327kB)
2202411015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (408kB)
2202411015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (666kB)
2202411015_BAB_IV.pdf
Download (1MB)
2202411015_BAB_V.pdf
Download (88kB)
2202411015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (148kB)
2202411015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar cerita fantasi berbentuk video dengan berbantuan aplikasi Wondershare Filmora di kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RnD) dengan menggunakan prosedur penelitian Borg and Gall yang telah di sederhanakan tahapannya dan disesuaikan dengan kebutuhan dan keterbatasan penelitian ini, adapun tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini ialah: a) Potensi dan Masalah, b) Pengumpulan Data, c) Desain Produk, d) Validasi e) Revisi. Subjek penelitian pengembangan ini yaitu mendapatkan hasil valid nya produk dari ketiga validator yaitu validator ahli materi, ahli media, dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 12 Kota Binjai. Teknik pengumpulan data yang dilakukan diantaranya wawancara dengan guru mata pelajaran dan angket yang akan dilakukan guna mengetahui kebutuhan siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan jika produk yang dikembangkan dari penelitian ini yaitu bahan ajar cerita fantasi berbantuan Wondershare Filmora yang berupa video sudah termasuk dalam kualifikasi sangat layak/baik dengan nilai dari validator materi sebesar 78,8% dan ahli media sebesar 89,6% dan guru mata pelajaran sebesar 92,5% dan didapatkan nilai rata-rata sebesar 86,9% sehingga dapat disimpulkan produk pada penelitian ini sangat baik/layak untuk digunakan oleh guru & siswa dalam pembelajaran
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan; bahan ajar; cerita fantasi; video |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:48 |
| Last Modified: | 21 Jul 2025 04:48 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64063 |
