Hilwany, Zikry (2012) EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA BIDANG STUDY IPS MATERI PERSIAPAN SAMPAI DETIK – DETIK PROKLAMASI KELAS V SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313419 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313419 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
108313419 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313419 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313419 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313419 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313419 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313419 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313419 BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
108313419 BAB V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
108313419 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS termasuk pada materi persiapan sampai detik – detik proklamasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) materi persiapan sampai detik – detik proklamasi dengan menggunakan metode role playing dalam proses belajar mengajar. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 37 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing – masing terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Satu siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum dilakukan siklus I , peneliti melakukan observasi serta mendapatkan temuan berupa aktivitas siswa yang masih rendah pada materi persiapan sampai detik – detik proklamasi. Dari hasil penelitian menunjukan besar aktivitas belajar siswa prasiklus klasikal sebesar 29,7%. Pada tindakan siklus I menunjukan aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 51,4%, terjadi peningkatan sebesar 21,7% dan pada siklus II menunjukan aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 75,7%, terjadi peningkatan sebesar 24,3 % . Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi persiapan sampai detik – detik proklamasi dan dapat membuat siswa termotivasi dan bersemangat dalam belajar. Sehingga pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif pemecahan masalah rendahnya aktivitas belajar siswa mata pelajaran IPS khususnya materi persiapan sampai detik –detik proklamasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Hil e |
Keywords: | Metode Role Playing; Aktivitas Belajar; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6406 |