Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Berbantuan Kuis Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Program Keahlian Siswa Kelas X TSM Di SMKS Setia Budi Binjai

-, Diansyah (2024) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Berbantuan Kuis Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Program Keahlian Siswa Kelas X TSM Di SMKS Setia Budi Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5202122001_Cover.pdf] Text
5202122001_Cover.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 5202122001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5202122001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (874kB)
[thumbnail of 5202122001_Kata_Pengantar.pdf] Text
5202122001_Kata_Pengantar.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 5202122001_Abstrak.pdf] Text
5202122001_Abstrak.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 5202122001_Daftar_Isi.pdf] Text
5202122001_Daftar_Isi.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 5202122001_Daftar_Tabel.pdf] Text
5202122001_Daftar_Tabel.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 5202122001_Daftar_Gambar.pdf] Text
5202122001_Daftar_Gambar.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 5202122001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5202122001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 5202122001_BAB_I.pdf] Text
5202122001_BAB_I.pdf

Download (578kB)
[thumbnail of 5202122001_BAB_II.pdf] Text
5202122001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[thumbnail of 5202122001_BAB_III.pdf] Text
5202122001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[thumbnail of 5202122001_BAB_IV.pdf] Text
5202122001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5202122001_BAB_V.pdf] Text
5202122001_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[thumbnail of 5202122001_BAB_VI.pdf] Text
5202122001_BAB_VI.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 5202122001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5202122001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 5202122001_Lampiran.pdf] Text
5202122001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah pengajar yang masih banyak memberikan tugas untuk diselesaikan dan masih mengajar dengan gaya ceramah, dan memberikan catatan di papan tulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMKS Setia Budi Binjai dengan bantuan Kuis Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar siswa Dasar Program Keahlian Kelas X TSM. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMKS Setia Budi Binjai dengan subjek siswa kelas X TSM (Teknik Sepeda Motor) di SMKS Setia Budi Binjai pada semester genap T.P 2024/2025 yang berjumlah 30 siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode observasi, evaluasi atau hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan tersebut sebesar 40% terjadi dari sebelum kelas mengalami tindakan (Pretest) ke siklus 1 yang sudah dilakukan penelitian. Pada siklus 1 ke siklus 2 terjadi peningkatan lagi sebesar 30% pada siklus 2, dengan rata-rata yang didapatkan dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 8,96 mengalami peningkatan, sedangkan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 11,9 mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil belajar; Problem based learning (PBL); Kuis kahoot
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:40
Last Modified: 21 Jul 2025 04:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64059

Actions (login required)

View Item
View Item