Sitepu, Andre (2024) Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu Pada Materi Dasar-Dasar Otomotif Kelas X Jurusan Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5192422006_Cover.pdf
Download (164kB)
5192422006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (423kB)
5192422006_Kata_Pengantar.pdf
Download (251kB)
5192422006_Abstrak.pdf
Download (209kB)
5192422006_Daftar_Isi.pdf
Download (240kB)
5192422006_Daftar_Tabel.pdf
Download (161kB)
5192422006_Daftar_Gambar.pdf
Download (191kB)
5192422006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (185kB)
5192422006_BAB_I.pdf
Download (853kB)
5192422006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5192422006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5192422006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
5192422006_BAB_V.pdf
Download (260kB)
5192422006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (363kB)
5192422006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Pada mata pelajaran dasar-dasar otomotif, terdapat beberapa permasalahan yang dijumpai dalam proses belajar mengajar seperti media pembelajaran yang sering digunakan berupa buku dengan gambar 2 Dimensi, power point, serta kurangnya inovasi maupun teknologi pembelajaran yang menjadikan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran karena aktivitas pembelajaran masih dominan dilakukan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Melihat hasil pengembangan modul interaktif berbasis augmented reality berbantuan assemblr edu pada materi dasar-dasar otomotif kelas x jurusan teknik dan bisnis sepeda motor SMK Negeri 2 medan. (2) Untuk mengetahui validitas modul interaktif berbasis augmented reality berbantuan assemblr edu. (3) Untuk mengetahui kepraktisan modul interaktif berbasis augmented reality berbantuan assemblr edu. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Medan, dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X TBSM 1 yang berjumlah 30 orang siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4 D (four-D) yang terdiri atas 4 tahap pengembangan, yaitu: (define, design, develop, disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul interaktif berbasis augmented reality berbantuan assemblr edu yang telah dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan “sangat valid” dan kriteria kepraktisan “sangat praktis” dengan rincian berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan skor sebesar 5, dari ahli materi sebesar 5, dari ahli desain sebesar 4,5. Kemudian pada tahap praktikalitas dari hasil uji coba perorangan mendapatkan skor sebesar 4,54, dari hasil uji coba kelompok kecil sebesar 4,61, dari hasil uji coba kelompok besar sebesar 4,70. Total skor rata-rata keseluruhan yang diperoleh pada tahap validasi adalah sebesar 4,83 dan total skor rata rata keseluruhan yang diperoleh pada tahap praktikalitas adalah sebesar 4,61. Hal ini menunjukkan bahwa modul interaktif berbasis augmented reality berbantuan assemblr edu pada materi dasar-dasar otomotif sangat valid dan sangat praktis digunakan di kelas x jurusan teknik dan bisnis sepeda motor SMK Negeri 2 medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Modul Interaktif; Augmented Reality; Assemblr Edu; Dasar-Dasar Otomotif; Validitas; Praktikalitas |
| Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:18 |
| Last Modified: | 21 Jul 2025 04:18 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64051 |
