Dasopang, Nur Aini (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DI KELAS IV SD NEGERI 101780 PERCUT T.A 2011 / 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113048 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
108113048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
108113048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
108113048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
108113048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
108113048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108113048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108113048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
108113048 BAB I.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
108113048 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
108113048 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (68kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan selama penelitian, peneliti menemukan masalah - masalah yang terjadi selama proses belajar mengajar berlangung. Adapun masalah masalah yang ditemukan yaitu : rendahnya motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika, Rendahnya ketekunan dan keuletan belajar siswa , metode yang digunakan kurang bervariasi, siswa kurang memberikan perhatian ketika proses belajar mengajar,dan siswa kurang aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Untuk itu yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini “ Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Training pada pelajaran matematika materi pokok penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan moyivasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 101780 Percut T.A 2011 / 2012”. Penelitian ini bertujuan untuk : “ meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika materi pokok penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 101780 Percut T.A 2011 / 2012.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101780 Percut yang berjumlah 30 siswa, terdiri atas 18 siswa perempuan dan 12 siswa laki – laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan meggunakan model pembelajaran Inquiry Training dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika materi pokok penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di Kelas IV SD Negeri 101780 Percut T.A 2011 / 2012. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : pada siklus 1 terdapat 25 siswa (83,3%) yang memiliki motivasi belajarrendah, dan 5 siswa (16,6%) memiliki motivasi belajar tinggi , dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu : 26 siswa (86,6%) siswa yang termotivasi belajarnya tinggi, dan berjumlah 4 siswa ( 13,3%) yang motivasi belajarnya rendah. Maka, kesimpulannya adalah model pembelajaran Inquiry Training merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk belajar Mandiri dan mampu bekerja sama serta meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika. Saran bagi guru kelas IV supaya dapat menggunkan model pembelajaran ini pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, supaya dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Das m |
Keywords: | Motivasi Belajar Siswa; Matematika; Pembelajaran Inquiry Training |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6405 |