Padang, Cahya Widiani Br (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP LITERASI FINANCIAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS SMAS DHARMA PANCASILA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203341012_Cover.pdf
Download (167kB)
7203341012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (301kB)
7203341012_Abstrak.pdf
Download (129kB)
7203341012_Kata_Pengantar.pdf
Download (285kB)
7203341012_Daftar_Isi.pdf
Download (252kB)
7203341012_Daftar_Tabel.pdf
Download (141kB)
7203341012_Daftar_Gambar.pdf
Download (115kB)
7203341012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (165kB)
7203341012_BAB_I.pdf
Download (722kB)
7203341012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7203341012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (997kB)
7203341012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7203341012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (269kB)
7203341012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya variasi penggunaan model
pembelajaran serta rendahnya pengetahuan literasi finansial siswa dan kurangnya
kemampuan berpikir kritis siswa tingkat SMA. Oleh karena itu, Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing
berbantuan media powerpoint interaktif dalam meningkatkan literasi financial dan
kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS 1
SMA Swasta Dharma Pancasila Medan. Jenis penelitian ini adalah Preeksperimental
Design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 orang siswa. Yang
diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa
pretest, posttest, dan angket. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing
berbantuan media powerpoint interaktif terhadap Literasi Financial dengan nilai t
hitung 11.566 t tabel 2.03693 dan nilai signifikansi Literasi Financial sebesar 0,000
< 0,05. Kemudian Data yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan dari penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan
media powerpoint interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan t
hitung soal pilihan ganda sebesar 10.824 dan t hitung soal essay sebesar 11.216,
sehingga kedua nilai t hitung t tabel 2.03693. Adapun nilai signifikansi kemampuan
berpikir kritis siswa baik soal pilihan ganda maupun essay sebesar 0,000 < 0,05.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam
peningkatan literasi finansial dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAS
Dharma Pancasila Medan sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran
inkuiri terbimbing berbantuan media powerpoint interaktif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Media PowePoint Interaktif, Literasi Finansial, Kemampuan Berpikir Kritis |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 03:58 |
| Last Modified: | 21 Jul 2025 03:58 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64035 |
